Asia Advisory Council Pilih Sukabumi Gelar Pelatihan Inventarisasi Gas Rumah Kaca

Asia Advisory Council HCWH
Asia Advisory Council HCWH/GGHH saat silaturahmi dengan para budayawan Kota Sukabumi menjelang pelatihan inventarisasi gas rumah kaca.

SUKABUMI — Asia Advisory Council Health Care Without Harm, Global Green and Healthy Hospitals (HCWH/GGHH), menggencarkan pelatihan inventarisasi gas rumah kaca. Hal ini, dilakukan untuk membangun kesadaran pimpinan rumah sakit untuk lebih menyadari bahwa rumah sakit berkontribusi terhadap perubahan iklim serta mepengaruhi efek rumah kaca.

Members Asia Advisory Council HCWH/GGHH, dr Suherman mengatakan, jika melihat dari data yang tercatat di Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) rumah sakit menyumbang sebesar 4,1 persen dari total emisi gas rumah kaca dunia.

“Hal ini, tentunya bernahaya untuk kesinambungan bumi dan planet kita. Sebab itu, saat ini kami melakukan inventarisasi gas rumah kaca di Kota Sukabumi,” kata Suherman kepada Radar Sukabumi, Rabu (3/8).

Suherman kembali menegaskan, Asia Advisory Council HCWH/GGHH sengaja memilih Sukabumi untuk berupaya membangun kesadaran para pimpinan rumah sakit agar lebih menyadari bahwa rumah sakit berkontribusi terhadap perubahan iklim.

“Ada beberapa yang berkontribusi terhadap perubahan iklim serta mepengaruhi efek rumah kaca. Misalnya saja, manufaktur, transportasi dan fasilitas kesehatan,” tegasnya.

Lanjut Suherman, para pimpinan rumah sakit harus mengetahui berapa kontribusi rumah sakit yang dikelolanya mempengaruhi efek rumah kaca.

“Karena itu, akan dilatihkan sehingga pimpinan rumah sakit bisa menghitung sendiri berapa emisi gas buang dari rumah sakit terhadap perubahan rumah kaca ini,” bebernya.

Pihaknya berharap, dengan adanya pelatihan tersebut dapat membangun kesadaran baru di setiap lembaga kesehatan untuk mulai membenahinya.

“Dengan begitu, rumah sakit tidak membuang uang karena setiap buangan dari rumah sakit harus di bayar lagi untuk pihak ke tiga. Kalau rumah sakit bisa menyadari ini, tentunya akan bisa menghemat sehingga bisa dipakai untuk investasi, memperbaiki pelayanan dan keperluan lainnya,” pungkasnya. (bam)

Asia Advisory Council HCWH
Asia Advisory Council HCWH/GGHH saat silaturahmi dengan para budayawan Kota Sukabumi menjelang pelatihan inventarisasi gas rumah kaca.

Pos terkait