Alumni IPB Sukabumi  Rayakan Dies Natalis ke-59

Alumni IPB Sukabumi
Sejumlah perwakilan HA IPB saat melakukan foto bersama disela-sela kegiatan perayaan Dies Natalis IPB ke-59, Sabtu (17/9).

CIBEREUM— Himpunan Alumni Institut Pertanian Bogor (HA IPB) Kota/Kabupaten Sukabumi turut merayakan Dies Natalis IPB ke-59, Sabtu (17/9).

Perayaan yang dipusatkan di Kampus IPB Sukabumi, Jalan Sarasa Kecamatan Cibereum dan lingkungan sekitar kampus ini, dilakukan berbagai kegiatan seperti penanaman pohon, donor darah, pelayanan kesehatan hewan kesayangan (Vaksinasi Rabies Gratis), bantuan pembangunan madrasah, pemberian beasiswa dan donasi, panen golden melon dan galeri anggrek, pemberian bibit HMT Indigofera dan konsultasi pertanian.

Bacaan Lainnya

Hadir pula dalam kesempatan itu, wakil manajer kampus IPB Sukabumi, Prima Gandhi yang mewakili Dekan Sekolah Vokasi IPB. Ia mengucapkan terima kasih kepada alumni IPB yang memilih Kampus IPB Sukabumi sebagai lokasi diadakannya kegiatan bakti alumni.

Menurut Gandhi, Himpunan Alumni merupakan modal sosial yang ikut mempengaruhi performa IPB University. “Kolaborasi dari Alumni IPB Sukabumi untuk mensukseskan program D4 (Sajana Terapan) program studi Komunikasi, Manajemen Agribisnis, Ekowisata, Teknologi Industri Benih, Teknologi Produksi dan Manajemen Perikanan Budidaya, serta Teknologi dan Manajemen Ternak dalam mewujudkan Teaching Factory (TeFa) di Kampus seluas 30 Hektar ini,” ujar Gandhi dalam sambutannya.

Sementara itu, Ketua HA IPB Kota Sukabumi, Endang Kusdarini menambahkan, acara bakti alumni ini diharapkan dapat memperkuat silaturahmi antar Alumni IPB di Kota dan Kabupaten Sukabumi. Selain itu sambung dia, kegiatan ini juga menjadi wujud nyata kontribusi HA IPB Sukabumi kepada almamater tercinta.

“Ada lima prinsip yang harus dipegang dalam kerangka memperkuat soliditas Alumni IPB di Kota Sukabumi dan Kabupaten Sukabumi yakni, saling mengenal, saling memahami, saling membantu, berbagi dan saling menanggung,” katanya.

Di samping itu penguatan jaringan alumni IPB diperlukan untuk meningkatkan kebersamaan antar sesama alumni. DPC HA IPB Ko/Kab Sukabumi telah menyusun berbagai agenda untuk memperkuat jaringan dan menjadi wadah untuk mewujudkan keterlibatan alumni tersebut.

Pelibatan SV IPB dan Perumda Agro dalam kegiatan diskusi publik ini, selain untuk mendapatkan berbagai kajian dan analisis mengenai pembangunan dan pengembangan SDM juga untuk menjajaki kerja sama antar lembaga HA IPB dengan SV IPB, Dunia Usaha dan Perumda Agro.

Sementara Amas Wijaya, Ketua HA IPB DPD Jabar dalam keynote speaker nya yang disampaikan oleh Ketua Bidang Kajian dan Pengembangan Program Pertanian mengatakan agar kegiatan ini berkelanjutan dan bisa terus dikembangkan karena sudah melibatkan sinergi pentahelix ABCGM yang melibatkan Perguruan Tinggi, Dunia usaha, Pemerintah, masyarakat dan media. Kolaborasi ini sangat dibutuhkan dan relevan, terutama untuk menguatkan peran alumi dalam agribisnis di Sukabumi.

Di lokasi acara, Gina, siswa SD Kampung Loa Sari RT 01 RW 01 Kelurahan Limusnunggal Kecamatan Cibereum beserta 9 orang anak yatim disekitar kampus mengucapkan terima kasih atas santunan yang diberikan oleh Himpunan Alumni IPB Kota dan Kabupaten Sukabumi. Dua Masjid disekitar kampus juga mendapatkan donasi Al Quran dan perangkat alat solat dari alumni HA IPB Sukabumi.

SLB B (Tuna Rungu) Budi Nurani mendapat donasi beasiswa yang diterima langsung oleh Kepala Sekolah dan Ketua Komite Sekolah. Selain alumni IPB hadir pula, Ketua DPD KNPI dan HIPMI Kota Sukabumi, H.Nurul Jaman dan Bendahara PD Muhamadiyah Kota Sukabumi Luviana Adam.

Acara ini juga dihadiri ratusan alumni IPB dan peserta rangkaian kegiatan bakti alumni. Dalam acara tersebut dihadir juga oleh Yudi Indriawan, Ketua HA IPB Kabupaten Sukabumi, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi Sry Hastuty Harahap, Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Sukabumi Dedah Herlina, Direktur Utama Perusahaan Umum Daerah Agro Sukabumi Mandiri, Mukhlis Yusuf, Direktur Utama (Dirut) Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Bumi Wibawa Kota Sukabumi, Abdul Kholik Fajdawani, Ate Rahmat, Sekretaris Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan Kota Sukabumi yang saat ini sudah memasuki masa purna bakti, pemilik Slamet Quail Farm (SQF), Slamet Wuryadi Duta Milenial Pembanguan Pertanian Kementerian Pertanian (Kementan), Arie Ekawati (owner roti mochi dan penjahit pet Sukabumi), Hendri Wijaya dosen SV IPB yang merupakan alumni IPB lintas angkatan. (cr3/t)

Alumni IPB Sukabumi
Sejumlah perwakilan HA IPB saat melakukan foto bersama disela-sela kegiatan perayaan Dies Natalis IPB ke-59, Sabtu (17/9).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.