Banyak Jalan di Kota Sukabumi Gelap, Ternyata 38 PJU Rusak, Kapan Ditangani?

  • Whatsapp
PERBAIKAN PJU: Sejumlah personel Dishub Kota Sukabumi saat berusaha melakukan perbaikan PJU yang mengalami kerusakan, belum lama ini. (ist)

SUKABUMI, RADARSUKABUMI.COM – Selama 2020, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Sukabumi, menerima sebanyak 337 laporan kerusakan Penerangan Jalan Umum (PJU). Kerusakan ini, didominasi komponen lampu yang sudah tidak berfungsi.

Dari data yang tercatat Dishub Kota Sukabumi, terhitung Januari hingga Oktober 2020 dari sebanyak 337 laporan, 299 sudah tertangani dan 38 belum tertangani karena terkendala anggaran.

Kabid Keselamatan Lalulintas dan Perlengkapan Jalan (KLLPJ) Dishub Kota Sukabumi, Ade Darmawan didampingi Kasi PJU, Hikmat Azhari mengatakan, adapun jenis pengaduan yang diterima diantaranya, 87 dari apilikasi, 61 melalui media dan 189 pengaduan langsung.

“Sementara, penyebab kerusakan 225 lampu, 80 jaringan, 6 tiang dan 21 komonen lainnya,” kata Ade kepada Radar Sukabumi, Jumat (8/1).

Lanjut Ade, apabila melihat dari data yang ada kebanyakan kerusakan terjadi pada komponen lampu PJU. Banyaknya, kerusakan yang terjadi pada 2020 lalu salah satunya akibat tidak adanya pemeliharaan karena adanya pandemi Covid-19.

“Ya, 2020 lalu anggaran pemeliharaan PJU tidak ada, sehingga kami tidak bisa memperbaiki PJU yang kondisinya rusak. Saat ini, hanya bisa melakukan pengecekan dan mendata komponen PJU apa saja yang rusak, nanti jika sudah ada anggaranya baru dilakukan perbaikan,” imbuhnya.

Disinggung soal rencana pengadaan PJU pada 2021 ini, Ade menerangkan, Dushub rencananya akan memasang 30 PJU baru yang menyebar hampir merata di seluruh kecamatan.

“15 unit untuk jalan lingkungan dan 15 unitnya lagi untuk dipasang di jalan gang. Adapun anggaranya sekitar Rp186 juta,” pungkasnya. (bam/t)

loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *