1.234 Bintara Resmi Dilantik Jadi Perwira Pertama Polri

Perwira Pertama Polri
Sejumlah Bintara saat mengikuti pelantikan menjadi Perwira Pertama Polri yang diselenggarakan di Soetadi Ronodipuro Setukpa Lemdiklat Polri, Kamis (16/12).

SUKABUMI — Sebanyak 1.234 siswa pendidikan alih golongan (PAG) dari Bintara ke Perwira Polri Gelombang II tahun 2021, mengikuti pelantikan yang diselenggarakan di Soetadi Ronodipuro Setukpa Lemdiklat Polri, Kamis (16/12).

Kepala Lemdiklat Polri Komjen Rycko Amelza Dahniel, secara resmi menutup PAG dari Bintara ke Perwira Polri Gelombang II tahun 2021 dan melantik 1234 orang menjadi Perwira Pertama Polri yang tersebar di enam satuan pendidikan yakni, 786 di Setukpa Lemdiklat Polri, 100 di Pusdik Sabhara, 100 di Pusdik Brimob, 98 di Pusdik Binmas, 75 di Pusdik Intel dan 75 di Pusdik Administrasi.

Bacaan Lainnya

“Selamat kepada para Perwira yang baru dilantik yang nantinya akan menjadi perkuatan tugas pada berbagai fungsi staf dan operasional sesuai bidang masing-masing ditingkat markas besar maupun diseluruh jajaran kewilayahan,” ungkap Kepala Lemdiklat Polri Komjen Rycko Amelza Dahniel, Kamis (16/12).

Hari ini, menjadi awal dan episode baru bagi para Perwira sekalian dalam mempersembahkan pengabdian terbaik demi terwujudnya organisasi Polri yang unggul, paripurna dan dipercaya masyarakat.

“Sadarilah, bahwa capaian prestasi membanggakan ini merupakan rahmat dan anugrah dari tuhan yang maha esa yang harus selalu disyukuri,” ujarnya.

Menurutnya, keberhasilan ini merupakan buah dari perjuangan tanpa kenal lelah dan pengorbanan yang tidak sedikit serta tentu saja berkat dorongan semangat dan iringan doa dari keluarga tercinta.

“Saya meyakini, dengan bekal pengetahuan akademik yang telah diberikan, keterampilan perorangan dan kelompok yang dilatihkan serta didukung hasil pembinaan integritas dan moralitas yang diterima selama mengikuti pendidikan, para Perwira yang baru dilantik ini harus mampu menjadi agen perubahan yang membawa Polri semakin dipercaya masyarakat.

Proses penempaan dan penggemblengan para Perwira Polri yang handal dan profesional dilembaga pendidikan merupakan suatu proses yang sangat penting dan substansial,” bebernya.

Melalui proses tersebut, diharapkan akan lahir sosok personel Polri yang proaktif, responsibilitas, tranparansi berkeadilan, profesional, moderen dan terpercaya.

“Diharapkan mampu menghadapi berbagai dinamika tantangan tugas yang semakin berat, seiring dengan perkembangan globalisasi yang sangat cepat dan dinamis,” ucapnya.

Rycko menambahkan, para Perwira ini harus mampu memberikan kontribusi yang signifikan dan dukungan yang optimal kepada institusi Polri dalam pelaksanaan tugas dilapangan nantinya, para perwira sekalian diproyeksikan untuk menjadi manager atau penyelia tingkat pertama (first line supervisor) dilapangan.

Para Perwira juga, dituntut untuk mampu menjalankan peran dengan baik sebagai jembatan antara pimpinanan dan bawahan, menjadi pimpinanan tingkat dasar yang bisa memberikan motivasi dan menggerakkan bawahan, adaptif terhadap berbagai dinamika perubahan, papat menerjemahkan tugas pokok menjadi kegiatan operasional harian yang implementatif serta mampu melaksanakan tugas mengawasi dan mengendalikan anggota dilapangan baik dibidang pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat maupun dibidang penegakkan hukum.

“Proses pendidikan yang singkat ini belum sepenuhnya mampu memberikan bekal pengetahuan yang optimal bagi para Perwira.

Karena itu, saya berpesan agar para Perwira melakukan pengembangan dan peningkatan kemampuan secara terus menerus dan berkelanjutan.

Hal ini perlu untuk terus dilakukan agar tumbuh menjadi Perwira yang matang serta dapat mewujudkan sosok civilian police yang mampu menampilkan postur Polri yang Presisi, jangan pernah berhenti untuk berkarya demi terwujudnya Polri yang semakin dipercaya dan dicintai masyarakat,” cetusnya.

Tak hanya itu, Perwira harus menyadari filosofi dasar kehadiran Polisi ditengah masyarakat adalah untuk mencegah terjadinya kejahatan.

Tindakan pencegahan harus lebih dikedepankan dalam menyelesaikan setiap embrio permasalahan yang terjadi dimasyarakat secara tegas, humanis dan tuntas.

“Ciptakan situasi dimana dengan keberadaan polisi akan dapat menimbulkan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat dalam menjalankan aktivitas sehari-hari,” paparnya.

Dalam kesempatan ini, Kabag Ren Polres Sukabumi Kota, AKBP Edi Priyono melalui Kasi Humas Polres Sukabumi Kota Iptu Astuti Setyaningsih mengapresisasi pentikan siswa PAG ini.

“Kami sangat mengapresiasi pelantikan siswa PAG ini yang sudah berjalan dengan lancar, kondusif serta mematuhi akan protokol kesehatan,” singkatnya. (bam)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.