Manfaat Sarapan Pagi Bagi Kesehatan

  • Whatsapp

MALAS untuk sarapan pagi ? karena diburu waktu untuk bekerja, atau melakukan aktivitas lainnya, atau takut terjebak kemacetan pada pagi hari, persepsi inilah yag harus diubah agar kebugaran kita tetap fit dan stabil dalam melakukan aktivitas lainnya, jangan heran jika anda mengalami penyakit maag atau penyakit lainnya.

Sarapan pagi adalah salah satu energi yang sangat dibutuhkan oleh tuug untuk memulai aktivitas keseharian, dapat dibayangkan, jarak waktu makan antara makan malam dan makan pagi sekitar delapan hingga duabelas jam, selama itu, bahkan selama tidur, tubuh tetap membutuhkan energi untuk aktivitas organ-organnya.

Bacaan Lainnya

Saat kita terbangun, energi yang tersisa masih dapat digunakan dalam beberapa jam. Dan energi yang dibutuhkan biasanya adalah jenis yang berasal dari hasil istirahat dan pikiran segar setelah tidur malam. Tetapi energi jenis ini biasanya juga menguras cadangan hingga tubuh dapat stress.

Pada saat tersebut kadar gula darah sedang turun, sehingga tubuh terasa lemah, konsentrasi terganggu, cepat marah, dan terlihat lesu, bayangkan jika tubuh tidak segera disuplai energi di pagi hari, untuk melakukan aktivitas selanjutnya

Jika makan pagi atau sarapan pagi dilewatkan akan mempengaruhi pada pola, ritme serta siklus waktu makan, biasanya orang yang jarang atau tidak makan pada pagi hari, lebih banyak makan pada siang dan malam hari, padahal makan pagi lebih mengenyangkan dari pada siang dan malam hari.

Sarapan pagi yang dilakukan dengan teratur dilakukan, ternyata terbukti juga dapat menjadi kunci sehat dan berumur panjang, menurut Mark Pereira salah seorang peneliti dari Hatvard Medical School, sarapan pagi dapat mengurangi resiko obesitas, serangan jantung dan diabetes.

Bagi anak-anak yang teratur sarapan pagi cenderung lebih sedikit untuk ngemil, dibandingkan anak-anak yang tidak sarapan, dampak inilah yang menimbulkan masalah pada gigi, karena sarapan pagi sangat berguna untuk mencegah masalah kesehatan gigi dan mulut pada anak-anak..

Walaupun sarapan begitu penting, tetapi jenisnya menentukan fungsinya, sebab pada kasus tertentu, meskipun sarapan pagi teratur, tetapi tubuh tetap terasa lelah, coba perhatikan kembali menu makan pagi tersebut, jenis sarapan yang banyak mengandung kalori dan lemak mengakibatkan meningkatnya serotonin dalam otak. Akibatnya akan merasa ngantuk dan lemas.

Jika diperbandingkan pengaruh antara sarapan yang benyak mengkonsumsi lemak dan sarapan yang banyak mengandung karbohidrat. Kandungan kalori dan nutrisinya seimbang dan sama, dapat diprediksi mereka yang banyak mengkonsumsi lemak, ternyata lebih cepat lapar, sehingga kelompok ini mulai ngemil diantara sarapan pagi dan makan siang.

Sedangakan bagi yang sarapan pagi yang mengkonsumsi karbohidrat dapat menahan lapar lebih lama, kelompok ini lebih waspada terhadap asupan makanannya pada saat sarapan pagi.

Banyak para ahli makanan menganjurkan beberapa jenis makanan sehat untuk pagi hari, antara lain roti , sereal dan susu, sereal dan roti mengandung serat yang tak larut, sehingga selain bisa menahan lapar lebih lama, zat gizi ini pun diyakini dapat menjaga berat badan dan mengurangi resiko penyakit kanker usus.

Susu merupakan minuman yang banyak mengandung nilai gizi, selain mineral dan vitamijn, protein dan lemak, susu juga mengandung laktose yang mampu menekan pembusukan protein dalam usus dan menghalangi pertumbuhan organisme patogen penyebab penyakit.

Bagi anak-anak mengkonsumsi susu atau minum susu pada pagi hari sangat dianjurkan , sesuai dengan penjelasan diatas, bagia anak-anak yang biasa minum susu dipagi hari pertumbuhannya akan lebih cerdas, karena laktosa sangat berperan dalam metabolisme otak .

Biasakanlah makan pada pagi hari untuk menjaga kesehatan dan kestabilan tubuh kita, agar aktivitas yang akan dilakukan berjalan dengan lancar, kebugaran tubuh terjaga, jangan penah berharap baik dengan menggantikan atau menggeser sarapan, malah akan menjadi lebih buruk untu kesehatan tubuh. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *