KESEHATAN

6 Cara Cegah Jerawat Muncul Saat Pakai Masker Kain

RADARSUKABUMI.com – Baik masker kain maupun masker bedah memang bisa menyebabkan maskne (mask acne). Namun, untuk Anda yang bukan petugas medis, memang ada baiknya untuk memilih masker kain dengan bahan yang lebih nyaman dipakai.

Dokter Devia menyarankan Anda untuk memilih masker kain yang bahannya tidak terlalu tebal, sehingga ada pertukaran udara.

“Kalau memang dirasa terlalu tipis, tinggal ditambahkan tisu sebagai filter. Intinya, cari masker kain yang bahannya tetap bisa membuat hidung dan kulit Anda ‘bernapas’,” ujar dr. Devia.

Selain itu, tekstur kain juga harus diperhatikan. Hindari yang permukaan dalamnya kasar. Ingat, maskne ini merupakan jerawat mekanik alias jerawat yang disebabkan oleh gesekan. Jika terus-menerus mendapatkan gesekan dari permukaan yang kasar, kondisi kulit bisa semakin parah.

Apabila kulit Anda telanjur mengalaminya, maka ada beberapa hal yang dianjurkan oleh dokter untuk mengatasi dan mencegah maskne, yaitu:

1. Rajin bersihkan wajah dengan air dan facial wash.
2. Gunakan produk masker (skin care) yang sifatnya menenangkan kulit, seperti green tea.
3. Hindari memakai make up.
4. Hindari menyentuh area jerawat.
5. Tetap cuci masker kain setiap selesai pakai. Cuci dengan sabun dan pastikan tidak ada sisa sabun yang menempel.
6. Tidak perlu mengganti masker dengan masker bedah. Anda tetap boleh menggunakan masker kain, tetapi pilih yang bahannya tipis dan lembut (tambahkan tisu sebagai filternya).

Jangan stres jika kulit Anda sedang mengalami maskne. Sebab, stres akan memperburuk kondisi maskne. Lakukan hal-hal yang dianjurkan di atas agar kondisi kulit di area yang tertutup masker tidak semakin parah.(HNS/AYU/klikdokter)

Tags
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button