KABUPATEN SUKABUMI

Warga Nagrak Coba Rakit Helikopter

SUKABUMI – Ada-ada saja yang dilakukan oleh Jujun Junaedi (41), betapa tidak orang yang sehari-hari bekerja sebagai karyawan swasta ini berambisi membuat helikopter dengan ide yang ada dikepalanya. Sontak, percobaan ini menyita warga sekitar Kampung Kampung Cibubuay Rt (03/01) Desa Darmareja, Kecamatan Nagrak, yang penasaran melihat bentuk helikopter buatannya.

Berdasarkan pengakuan Jujun, untuk mesin menggunakan mesin penggerak Jenset Type 2 silinder berkekuatan 700 CC 24 PK 3600 RPM. Jujun menceritakan awal mula ketertarikannya membuat helikopter. Awalnya Jujun termotivasi dari tayangan stasiun tv yang menceritakan kisah seseorang mampu merakit alat transportasi udara serupa.

“Kebetulan saya juga orang teknik. Kalau orang lain bisa membuat heli ini, kenapa saya tidak bisa,” kata Jujun kepada koran ini, kemarin (26/9).

Tak berpikir panjang, Jujun kemudian mencari bahan-bahan sederhana yang diperlukan. Pria yang keseharian sebagai operator mesin bubut, miling dan las ini tak terlalu kesulitan. Pembuatan helikopter juga ditopang pengetahuan Jujun dalam menguasai kinerja hidrolik. “Dengan bahan sederhana ini juga peralatan seadanya mudah-mudahan jadi karya yang saya buat bisa lebih baik dari milik orang lain,” ujarnya.

Dijelaskannya, helikopter buatannya itu memiliki bagian bodi depan dengan ukuran lebar 1,4 meter, tinggi 2,5 meter dan panjang hingga bagian ekor 8 meter. Dua baling-baling utama dibuat berukuran 8 meter x 20 sentimeter, dan baling-baling belakang 2 meter X 20 sentimeter. Semua baling-baling dibuat dari bahan fiber.

1 2Laman berikutnya
Tags

Tinggalkan Balasan