Warga Desa Cijengkol Sukabumi Bangun TPT, Perkuat Infrastruktur

Desa-Cijengkol

SUKABUMI – Masyarakat Desa Cijengkol Kecamatan Caringin Bersama Kepala Desa Cijengkol, Koramil 0711 Cibadak, dan Polsek Caringin, kompak melaksanakan gotongroyong membangun Tembok Penahan Tanah (TPT).

TPT tersebut berfungsi untuk menstabilkan kondisi tanah di sempadan jalan lingkungan kampung Salakopi RT 001 RW 011 dengan panjang 10 M dan tinggi 4,50 M.

Bacaan Lainnya

Menurut Kades Cijengkol Haer Suhermansyah, gotong royong ini adalah inisiatif warga masyarakat kecamatan Caringin pada umumnya, untuk menguatkan dan melestarikan infrastruktur yang ada.

“Masyarakat Kecamatan Caringin khususnya warga Cijengkol masih menjaga tradisi gotongroyong, berkolaborasi dalam menyikapi kebutuhan dasar infrastruktur, selagi kami bisa kami mampu tentu kami lakukan” ungkap Haer, Jumat (15/7/2022).

Bukan hanya jalan lingkungan, lanjut Haer, Beberapa kegiatan lainnya banyak yang sudah terbantu oleh konsep kolaborasi itu diantaranya Rutilahu, penanganan bencana, santunan anak yatim melalui Forum Peduli Yatim Desa.

“Kami ingin gotong royong sebagai ciri khas kearifan sosial tetap ada dan dipertahankan di desa Cijengkol, selain memudahkan pekerjaan, rasa kekeluargaan juga semakin kuat” tambahnya.

Hal tersebut dikuatkan juga oleh Ferry (38) Warga Cijengkol, bahwa gotong royong sudah lama dilakukan dan memudahkan pekerjaan.

“Tak terasa pak, cepat beres, hasilnya juga segera bisa dimanfaatkan oleh warga disini khususnya” ujarnya.

Gotong royong juga tak hanya tenaga dan sumbangan material untuk pembangunan, masyarakat juga menyiapkan konsumsi untuk para pekerja.

“Apa yang bisa, ya kerjakan, tenaga dan materi termasuk dukungan konsumsi, semua berguna membantu pekerjaan yang sedang dilaksanakan,”pungkas Haer. (*)

Pos terkait