Tim Saber Pungli Kabupaten Sukabumi, Ringkus Pelaku Pungutan Liar di Kawasan Wisata

Pungli Wisata Sukabumi
Barang bukti pungli yang dilakukan 10 oknum

PALABUHANRATU – Miris, ramainya kunjungan wisata ke sejumlah kawasan objek wisata yang ada di Kabupaten Sukabumi baik itu curug maupun pantai pesisir selatan masih dimanfaatkan sejumlah oknum masyarakat untuk meraup keuntungan pribadi.

Oknum masyarakat tersebut memanfaatkan momen libur lebaran 1444 H/ 2023 M ini melakukan pungutan sejumlah uang kepada para wisatawan yang datang dan melintas dengan tidak ada dasar hukumnya.

Bacaan Lainnya

Melihat hal itu, tim Pokja penindakan UPP Saber Pungli Kabupaten Sukabumi langsung bertindak cepat dan berhasil mengamankan 10 orang oknum masyarakat yang diduga telah melakukan kegiatan pungutan liar kepada para wisatawan. Selasa (25/04).

Kapolres Sukabumi Akbp Maruly Pardede melalui Ketua Saber pungli Kabupaten Sukabumi Kompol Septa Firmansyah mengatakan, 10 orang oknum terduga pelaku diamankan di tiga lokasi berbeda.

Yakni, kata Septa dikawasan pantai Palangpang Geopark Ciletuh, Kawasan wisata Curug Marinjung, Desa Ciwaru Kecamatan Ciemas dan jalan raya Gunung Sumping, Desa Citepus, Kecamatan Palabuharatu Kabupaten Sukabumi.

“Modus para oknum di Ciemas memungut retrebusi dengan alasan untuk parkir dan kebersihan, di Palabuhanratu mereka memungut uang pada para wisatawan yang meluntasi jalan tikus dengan nominal uang antara Rp. 5.000 sampai dengan Rp. 10.000,-” ungkap Septa.

Septa menjelaskan, dari lokasi Pantai Palampang pihaknya mengamankan U, US dan D dengan barang bukti uang sebesar Rp 4.498.000,- dari lokasi Curug Marinjung telah diamankan dua orang berinisial R, S, dan RU dengan barang bukti sebesar Rp. 780.000.-.

Sedangkan dari lokasi jalan raya Gunung Sumping, petugas mengamankan 4 empat orang masing-masing A, D, DE, dan I, dengan barang bukti sejumlah uang.

“Kepada para pelaku pungli, pihak kami akan melakukan pembinaan dengan berkoordinasi dengan pihak Pokja Yustisi,” ucapnya. (ndi).

Pos terkait