Tiga Hari Bersihan Sampah pantai Cibutun Loji  Sukabumi, Dandim 0622 Paparkan Progres dan Kendala Yang Dihadapi

Dandim 0622 Kabupaten Sukabumi Letkol Inf. Anjar Ari Wibowo
Dandim 0622 Kabupaten Sukabumi Letkol Inf. Anjar Ari Wibowo

SUKABUMI – Memasuki hari ke tiga kegiatan karya bakti dalam rangka HUT TNI ke 78 dengan bersih bersih sampah di Pantai Cibutun, pesisir Loji, Desa Sangrawayang, Kecamatan Simpenan Kabupaten Sukabumi, Dandim 0622 sebut kurang lebih 100 ton sampah sudah terkumpul.

Dandim 0622 Kabupaten Sukabumi Letkol Inf. Anjar Ari Wibowo mengatakan pelaksanaan kegiatan bersih sampah di hari ke tiga tersebut sebanyak 7 alat berat diterjunkan sebagai pendukung kegiatan di pantai Cibutun pesisir Loji Simpenan tersebut.

Bacaan Lainnya

“Alat berat kita juga didukung, kita bertambah satu becko dari ada mitra atau masyatakat setempat disini yang membantu, sudah ada 6 alat berat, tambahan tractok jadi 7 alat berat itu efektif sekali,” ungkap Dandim Letkol Inf. Anjar Ari Wibowo. Jumat, (6/10).

“Jadi kami memang membutuhkan jika memang masih ada intansi atau elemen masyarakat yang memiliki alat berat, kami juga sangat sangat membutuhkan karena sangat membantu, kami sangat menerima sekali,” sambungnya.

Sejauh ini, lanjut Dandim Letkol Inf. Anjar Ari Wibowo, setelah dilaksanakan pembersihan sampah sampah yang menumpuk mulai sedikit bersih dengan progres hari pertama kurang lebih 45 Ton isampah yang berhasil dikumpulkan dan bersihkan yang selanjutnya di buang ke TPA Cimenteng sementara sisanya khusus sampah organik di kumpulkan dan sebagian dimanfaatkan masyarakat.

“Untuk kayu kayu yang masih bisa dimanfaatkan masyarakat setempat kita kumpulkan. Dihari kedua kemarin kita ada kendala terkait armada truk sampah, dua unit yang dikerahkan sehingga membutuhkan waktu karena jarak disini ke Cimenteng cukup jauh memakan waktu dua jam, kalau pulang pergi 4 jam,” jelasnya.

“Sehingga hari kedua kemarin satu hari hanya efektik dua rit jadi hanya 4 kendaraan dihitungnya sehingga kemarin hanya bisa terangkut 15 ton, tapi yang terkumpul sendiri kalau sampai hari ini itu 100 ton ada,” imbuhnya.

Masih kat Letkol Inf. Anjar Ari Wibowo sampah sampah yang sudah terkumpul dari kegiatan masyarakat dan unsur terkait lainnya serta didukung penggunaan alat berat di simpan dipinggir pantai terlebih dahulu menggunakan karung, plastik untuk memudahkan proses pengangkutan ke armada atau kendaraan dari DLH untuk dibawa ke TPA Cimenteng.

“Alhamdulillah hari ini kita terdukung lagi 5 truk dari DLH dengan harapan nanti paling tidak hari ini 45 sampai 50 ton terbuang ke TPA, dan sisanya kita kumpulkan lagi,” paparnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *