Stok Menipis, RS Palabuhanratu Menggelar Donor Darah

  • Whatsapp
Donor Darah
DONOR DARAH  : Suasana donor darah massal di RS Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi. (Foto : ist)

SUKABUMI — Untuk Mensiasati ketersediaan stok darah yang menipis itu, Rumah Sakit (RS) Palabuhanratu dengan menggandeng PMI menggelar Donor Darah masal. Pasalnya banyak pasien membutuhkan darah, terutama yang dioperasi maupun pasien thalasemia.

Ketua Pelaksana Donor Darah Yogi Arif Rahman mengatakan, saat ini stok darah baik di PMI Kabupaten Sukabumi menipis, bahkan stok darah di RS Palabuhanratu tidak ada. Maka dari itu donor darah massal diselenggarakan agar kebutuhan darah dapat terpenuhi.

Bacaan Lainnya

“Stok darah minipis sedangkan di rumah sakit banyak yang operasi membutuhkan darah, termasuk pasien thalasemia. Pasien thalasemia itu membutuhkan darah setiap minggu atau setiap bulan, karena mereka hidupnya membutuhkan darah secara rutin,” ujar Yogi yang juga perawat di ruang Hemodialisa RSUD Palabuhanratu, Rabu (28/07).

Ia menegaskan, pelaksanaan donor darah tetap menerapkan protokol kesehatan (Prokes) COVID-19. Dari mulai mengunakan masker, cek suhu ketika mendaftar, dan tidak lupa menyediakan hansanitizer. Yogi menargetkan sekitar 100 orang pendonor.

“Alhamdulillah antusias pendoner sangat banyak, lebih dari 100 orang yang datang tetapi kami membatasi sampai 60 orang pendonor, itupun yang lulus screening (penyaringan). Sebab ada keterbatasan kantong darahnya sehingga akan dilaksanakan kembali pekan depan,” paparnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *