Ribuan Jiwa  Warga Loji Sukabumi Sumringah, Dapat Bantuan Air Bersih

Krisis Air Loji Sukabumi
Suasana saat penyalauran bantuan air bersih di Tegal Nyampai, Desa Loji, Kecamatan Simpenam

SIMPENAN – Sekitar 2.000 jiwa di tiga kedusunan desa Loji, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi sumringah setelah mendapat bantuan penyaluran air bersih dampak kekeringan yang terus melanda.

Diungkapkan Kasi trantib kecamatan Simpenan Cecep Supriadi, penyaluran air bersih tersebut dilakukan pihak PLTU Jabar 2 Palabuhabratu kepada warga yang mengalami kesulitan mendapat air bersih, yakni kedusunan Ciwaru Girang, Tegal Nyampai, dan Cimapag, Desa Loji.

Bacaan Lainnya

“Jadi dari tiga kedusunan ini ada sekitar 2.000 jiwa, tadi ada tiga tanki air bersih yang di salurkan,” ungkapnya.

“Warga mengalami kesulitan air bersih ini sudah terjadi sekitar 5 sampai 6 bulan, awalnya sebelum musim kemarau warga ngambil air bersih dari sumber mata air terdekat dari gunung, terus dari sumur, sekarang kering kondisinya,” imbuhnya

Sementara itu, Dede (33) warga kadusunan Tegal Nyampai mengaku senang atas adanya bantuan air bersih tersebut, menurutnya sangat bermanfaat pasalnya untuk memenuhi kebutuhan mandi, cuci dan minum yang saat ini mata air yang biasa digunakan warga mengering.

“Alhamdulillah sangat bermanfaat, khususnya buat air minum dan mandi sedikit sedikit. Biasanya disini emang sulit air bersih kalau musim kemarau, nah tahun ini baru satu bulan berjalan kemarau kemarin sudah parah banget sulit air,” timpalnya.

“Mudah mudahan buat pemdes Loji, kecamatan Simpenqn kalau bisa untuk masyarakat sini setiap hari ada bantuan air bersih seperti ini,” ucapnya.

Ditambahkan kepala Desa Loji Papang Suherlan, kondisi warga di tiga kadusunan tersebut sudah 6 bulan mengalami kesulitan air bersih semenjak dilanda kemarau, dan penyaluran bantuan air bersih tersebut nerupakan yang kedua kali, setelah sebelumnya beberapa pekan lalu dari kepolisian polres Sukabumi melakukan hal yang sama.

“Hari ini agak parah, kemarin juga sama kita mendistribusikan air dari Polres, Alhamdulillah kedepan setelah hari ini bantuan dari BPBD,” singkatnya. (Ndi)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *