KABUPATEN SUKABUMI

Ratusan Siswa Dibekali Wawasan Sadar Hukum

NYALINDUNG – Mengantisipasi kenakalan remaja, Polsek Nyalindung, menggencarkan pembinaan serta penyuluhan sadar hukum terhadap ratusan siswa SMP Bina Bangsa, Desa/Kecamatan Nyalindung, kemarin (17/10).

Pada penyuluhan tersebut, ratusan siswa diberikan pemahaman mengenai bahaya kenakalan remaja, bahaya Narkoba, bahaya pergaulan bebas, tawuran, pemahaman tertib berlalu lintas, serta penggunaan media sosial.

Kapolsek Nyalindung AKP Endah Sriwigiarti mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu bentuk upaya Polri untuk memberikan pemahaman kepada pelajar tentang bahaya dari berbagai ragam tindakan kawula muda yang melanggar hukum.

“Siswa SMP ini, penting diberikan penyuluhan sadar hukum agar mereka memiliki akhlak yang baik dan taat terhadap hukum,” jelas Endah kepada Radar Sukabumi, kemarin (17/10).

Menurut Endah, peran Polri sangat penting dalam menjaga stabilitas keamanan warga. Tidak hanya itu, sebagai ujung tombak terdepan di masyarakat, Bhabinkamtibmas juga mengambil peran dalam hal tawuran pelajar yang kian marak.

“Untuk itu, saya didampingi Bhabinkamtibmas langsung terjun ke setiap sekolah untuk mensosialisasikan kepada pelajar tentang bahaya kenakalan remaja yang dapat mengakibatkan tawuran, bahkan penyalahgunaan narkoba,” paparnya.

Saat penyuluhan sadar hukum, ia memberikan pemahaman kepada siswa. Seperti, jika tawuran pelajar yang mempersenjatai diri dengan senjata tajam, maka akan terjerat pelanggaran undang-undang darurat.

“Bila pelajar melukai, apalagi membuat nyawa orang lain meninggal adalah pelanggaran kriminal. Untuk itu, kesadaran hukum bagi siswa terus kami bangun lewat peran Bhabinkamtibmas yang ada di setiap wilayah,” bebernya.

Selain itu, pihak kepolisian juga memberikan pemahaman soal disiplin dan keselamatan berlalu lintas. “Manfaatnya nanti, supaya di masa mendatang, mereka dapat memiliki rasa disiplin berlalu lintas, hingga akhirnya pelanggaran dan kecelakaan dapat diminimalisir,” pungkasnya. (den/d)

Tags

Tinggalkan Balasan