Puluhan Pelanggar Prokes Disanksi Lafalkan Rukun Islam

  • Whatsapp
Operasi Yustisi di depan Mapolsek Cireunghas, tepatnya di ruas Jalan Raya Cireunghas - Gegerbitung pada Senin (19/10).

SUKARAJA — Untuk memutus penyebaran wabah virus corona atau Covid-19, petugas gabungan menggelar operasi Yustisi di sejumlah titik yang berada di wilayah hukum Polres Sukabumi Kota pada Senin (19/10).

Beradasarkan informasi yang diperoleh Radar Sukabumi, kali ini petugas gabungan telah melakukan operasi pendisiplinan protokol kesehatan (Prokes) dengan unik memberikan teguran terhadap warga yang melakukan pelanggaran protokol kesehatan.

Bacaan Lainnya

Seperti yang terjadi operasi di depan Mapolsek Cireunghas, petugas gabungan telah menindak para pelanggar dengan sanksi sosial melafalkan rukun Islam.

Sementara, operasi di kawasan Bunderan Sukaraja, tepatnya di ruas Jalan Raya Nasional, Sukabumi – Cianjur, Desa/Kecamatan Sukaraja, petugas selain memberikan teguran lisan juga memberlakukan sanksi sosial berupa bersih-bersih di sekitar kegiatan operasi hingga melafalkan butir-butir Pancasila.

Kapolsek Cireunghas, IPTU Ujang Taan mengatakan, seluruh kendaraan roda dua maupun roda empat yang melintasi ruas Jalan Raya Cireunghas – Gegerbitung, telah dihentikan oleh petugas gabungan.

“Seluruh pengendara yang melintas dan tertangkap tangan tidak menggunakan masker, telah kami berhentikan untuk diberikan sanksi sosial. Seperti melafalkan rukun Islam,” kata Ujang kepada Radar Sukabumi, Senin (19/10).

Selain memberikan sanksi sosial, petugas gabungan juga membagikan masker kepada sejumlah warga yang tidak memakai masker.

Menurutnya, operasi Yustisi yang dilakukan secara gabungan selama hampir satu jam tersebut berhasil menjaring sekitar 25 pelanggar protokol kesehatan.

“Puluhan pelanggar ini, kami berikan sanksi teguran lisan dan sanksi sosial. Seperti membersihkan jalan dan melafalkan Rukun Islam serta Rukun Iman,” paparnya.

Sementara itu, Kapolsek Sukaraja Kompol Supardi mengatakan, puluhan petugas gabungan dari Polri, TNI dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kecamatan Sukaraja, telah diterjunkan untuk melakukan operasi Yustisi tersebut.

“Sedikitnya, 16 warga yang telah terjaring dalam operasi Yustisi ini. Belasan ini, merupakan warga yang melakukan pelanggaran protokol kesehatan,” kata Supardi.

Belasan warga yang terjaring operasi Yustisi itu, sambung Supardi, telah diberikan sanksi teguran lisan dari petugas.

Selain teguran lisan, belasan pelanggar protokol kesehatan tersebut mendapatkan sanksi sosial berupa bersih-bersih di sekitar kegiatan operasi hingga melafalkan butir-butir Pancasila.

“Kegiatan pendisiplinan protokol kesehatan ini, dilaksanakan setiap harinya. Sementara untuk pelaksanaannya dilakukan secara stasioner dan mobile,” pungkasnya. (den/d)

loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *