KABUPATEN SUKABUMI

PT SCG Gelar Perlombaan Penyuluhan Kesehatan

GUNUNGGURUH — Dalam memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 55, Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Kecamatan Gunungguruh bekerjasama dengan PT Semen Jawa dan PT Tambang Semen Sukabumi, menggelar perlombaan penyuluhan kesehatan,  (11/12).

Kegiatan yang dipusatkan di halaman Puskesmas Kecamatan Gunungguruh ini, diikuti oleh puluhan remaja yang terdiri dari lima desa. Diantaranya, remaja dari Desa Sirnaresmi, Desa Kebonmanggu, Desa Cikujang, Desa Gunungguruh dan remaja dari Desa Cibentang, Kecamatan Gunungguruh.

Kepala Puskesmas Gunungguruh, Dedi Setiadi melalui Bidan Puskesmas Gunungguruh, Peggie Widya Putri mengatakan, kegiatan yang bertajuk Generasi Sehat Indonesia Unggul ini, mendapatkan sambutan antusias dari semua kalangan, mulai dari anak PAUD, remaja dan para lansia yang ada di wilayah Kecamatan Gunungguruh.

“Kami sengaja mengangkat kegiatan ini dengan tema tersebut, karena ini salah satu bentuk pengaplikasian dari amanat yang di berikan oleh Presiden Joko Widodo tentang memprioritaskan pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM),” jelas Peggie kepada koran ini melalui telepon selulernya,  (11/12).

Dalam kegiatan tersebut, sambung Peggie, puluhan warga telah mengikuti berbagai macam kegiatan yang berkaitan dengan penyuluhan kesehatan. Seperti penyuluhan kesehatan kader, mencuci tangan bagi anak TK atau PAUD, senam Germas lansia, senam Germas Kader Kesehatan.

“Ini bertujuan untuk mengingatkan pemahaman masyarakat dalam memprioritaskan upaya promotif dan preventif agar semakin menggalakan program Germas,” ujarnya.

Dirinya berharap, dengan terselenggaranya kegiatan tersebut dapat mendongkrak pemahaman seluruh warga agar lebih mengerti mengenai arti pentingnya perilaku dan lingkungan sehat serta melakukan gerakan hidup sehat, baik di keluarga, tempat kerja, tempat-tempat umum dan fasilitas lainnya.

“Dalam perayaan HKN tahun ini, kami ingin menggalakan kembali paradigma hidup sehat dikalangan masyarakat. Untuk itu, kami menggelar berbagai perlombaan yang sifatnya mengedukasi sekaligus ajang silaturahmi,” paparnya.

Sementara itu, Presiden Direktur PT Semen Jawa dan PT Tambang Semen Sukabumi, Somchai Dumrongsil mengatakan, sebelum menggelar perlombaan penyuluhan kesehatan di Puskesmas Kecamatan Gunungguruh, PT Semen Jawa dan PT Tambang Semen Sukabumi, terlebih dahulu merayakan Hari Kesehatan Nasional di wilayah Desa Wangunreja, Kecamatan Nyalindung. Saat itu, perusahaan yang memproduksi semen tersebut, melakukan Kampanye Gerakan Hidup Sehat.

“Kampanye ini dilakukan dengan adanya sosialisasi dari Dinas Kesehatan mengenai Cuci Tangan Pakai Sabun dan kampanye cegah penyakit stunting melalui pembagian misting isi piringku,” Somchai.

Tidak hanya itu, warga Desa Wangunreja juga diberikan akses gratis pengobatan serta pemeriksaan kesehatan bersama Puskesmas Cijangkar dan peningkatan fasilitas pelayanan kesehatan bagi masyarakat Desa Wangunreja melalui penyediaan alat kesehatan di Puskesdes Desa Wangunreja.

“Kami berharap dengan adanya berbagai perlombaan, masyarakat semakin antusias dan berperan aktif dalam menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat di mana ini merupakan wujud komitmen SCG untuk terus meningkatkan kesejahteraan di mana SCG beroperasi.

Kami menyadari bahwa kesehatan merupakan salah satu hal yang paling penting dalam mencapai kehidupan yang lebih baik,” akunya.

Sementara itu, Camat Gunungguruh, Erry Erstanto mengatakan, dalam memperingati Hari Kesehatan Nasional ini, dirinya menginginkan agar masyarakat mulai dari usia PAUD sampai dengan Lansia dapat bersama-sama peduli dalam menerapkan dan mengampanyekan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Hal ini tentunya tidak terlepas dari peran serta dari seluruh pihak. Salah satunya, pelaku usaha seperti PT Semen Jawa dan PT Tambang Semen Sukabumi yang fokus terhadap peningkatan kualitas hidup masyarakat yang berada di sekitarnya.

“Paradigma sehat merupakan suatu pola pikir agar kita lebih mengedepankan pencegahan, jangan sampai jatuh sakit dulu. Salah satunya adalah melalui gerakan masyarakat hidup sehat. Jadi kita ingin masyarakat melakukan cek kesehatan secara dini, melakukan olahraga teratur dan makan sayur dan buah,” katanya.

Ditempat terpisah seorang peserta Lomba Senam di Perayaan HKN ke 55 di Puskesmas Gunungguruh, Yulianah mengatakan, Puskesmas Gunungguruh sudah kedua kalinya menggelar kerjasama dengan PT Semen Jawa dan PT Tambang Semen Sukabumi, melaksanakan kegiatan Lomba Senam dan Lomba Mencuci Tangan bagi masyarakat di Kecamatan Gunungguruh.

Namun, untuk tahun ini perayaan HKN lebih semarak, karena perlombaan bertambah dengan diadakannya Lomba Penyuluhan Kesehatan untuk kategori remaja dan kader kesehatan.

“Lomba di Puskesmas Gunungguruh ini menjadi acara tahunan yang paling kami nantikan setiap tahunnya. Selain mendapatkanpengalaman dan apresiasi kepada ibu-ibu kader kesehatan, melalui perlombaan ini pun, kami dapat lebih bersemangat dalam menyampaikan pesan gerakan hidup sehat di lingkungan sekitar kami,” pungkasnya. (den/d)

Tags
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button