KABUPATEN SUKABUMI

Polsek Cibadak Ikutan Tanam Pohon

CIBADAK — Polsek Cibadak berinisiatif menanam pohon mahoni di Halaman Polsek Cibadak, Kecamatan Cibadak. Hal ini dilakukan menindak lanjuti intruksi Kapolda Jawa Barat untuk melakukan penanaman minimal lima buah pohon di setiap Polsek sebagai wujud kepedulian terhadap lingkungan.

Kapolsek Cibadak, Kompol Hadi Santoso mengatakan, terdapat sekitar lima pohon mahoni yang saat ini ditanam di Halaman Polsek sebagai upaya penghijauan. “Ini saah satu bukti nyata Polri peduli akan lingkungan sekitar,” kata Hadi kepada koran ini.

Menurut Hadi, penanaman pohon mahoni ini untuk mengurangi polusi udara lantaran daunnya dapat menyerap polutan udara dan juga menghasilkan banyak oksigen, sehingga pohon banyak disebut sebagai pohon pelindung dan filter udara. “Sebab itu, kami bersama-sama menanam pohon mahoni untuk meminimalisir pencemaran udara,” paparnya.

Selain mendukung program Kapolda, penghijauan tersebut juga untuk menghijaukan lingkungan kantor sehingga kantor Polsek Cibadak dalam keadaan hijau, sejuk dan nyaman. “Tentunya kenyamanan menjadi faktor utama yang harus diperhatikan,” ucapnya.

Hadi berharap, aksi penanaman pohon ini dapat dicontoh oleh masyarakat sekitar agar bisa menjaga lingkungan dengan cara menanam pohon. Sebab, penghijauan memiliki beberapa manfaat sebagai paru-paru kota, dimana pada pertumbuhannya menghasilkan oksigen yang sangat diperlukan untuk pernapasan.

“Manfaat penghijauan sebagai pengatur lingkungan, karena vegetasinya akan menimbulkan hawa lingkungan setempat yang sejuk dan nyaman. Selain itu, penghijauan juga dapat mengurangi polusi udara sehingga penghijauan ini akan sangat bermanfaat untuk keberlangsungan kehidupan,” pungkasnya. (bam/d)

Loading...
Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button