Pemohon Swab Tes Antigen Meningkat, Ini Sebabanya

  • Whatsapp
MELANYANI : Pelayanan di Labkesda Kabupaten Sukabumi yang berlokasi di komplek Alun-Alun Cisaat, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi.

CISAAT — Surat hasil pemeriksan swab tes Covid-19 saat seakan menjadi kebutuhan pokok bagi warga yang kerap beraktivitas keluar kota. Sehingga, permohonan pemeriksan swab tes di Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Kabupaten Sukabumi meningkat.

Vera, salah satu petugas di Labkesda Kabupaten Sukabumi menjelaskan, masyarakat yang melakukan pemeriksaan Rapid Test Antigen-Swab mengalami peningkatan sejak kebijakan pemerintah yang mengharuskan adanya hasil pemeriksaan swab antigen bilamana keluar daerah.

“Ya tentunya, pemohon pemeriksaan swab antigen ada peningkatan. Mayoritas warga yang hendak keluar kota ataupun aktivitas lainnya yang mengharuskan memiliki hasil pemeriksaan swab antigen,” jelasnya kepada Radar Sukabumi, Selasa (20/4/2021).

Adapun biaya swab antigen sesuai dengan batasan tarif tertinggi pemeriksaan Rapid Test Antigen-Swab sebesar Rp250 ribu untuk Pulau Jawa dan Rp275 ribu untuk di luar Pulau Jawa. Ketetapan ini tertuang dalam Surat Edaran No HK.02.02/I/4611/2020 yang dikeluarkan per tanggal 18 Desember 2020.

“Kalau untuk biaya sesuai denagn batasan negara tarif yang ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan RI melalui Direktorat Jenderal Pelayanan Masyarakat,” sebutnya.

Dalam setiap harinya, rata-rata permohonan masyarakat untuk melakukan pemeriksaan swab antigen sebanyak 10 sampai dengan 20 orang.

“Kalau jumlah sendiri tidak menentu, setiap hari ada yang mulai 10 orang sampai 25 orang, yang pasti kami akan layani,” tutupnya.

loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *