TPA di Sukabumi Hampir Penuh

TPA Cikidang Sukabumi
Tampak alat berat ekskavator sedang beroperasi di lahan baru TPA Cikidang.

SUKABUMI – Masyarakat Kabupaten Sukabumi sepertinya sudah harus benar-benar dapat memilih dan memilah sampah sebelum dibuang. Lantaran, dua Tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPSA) sudah hampir penuh.

Kepala Bidang Persampahan DLH Kabupaten Sukabumi Denis Eriska menerangkan, media TPA yang dimiliki yakni, TPA Cimenteng ini sekitar 7,2 hektare dan sudah terisi sekitar 70 persen, sedangkan TPA di Kedaleman seluas 2,9 hektare sudah terisi sekitar 75 persen. Masih aman untuk 2 tahun ke depan.

Bacaan Lainnya

“Dua TPA yang ada masing-masing susah terisi 70 persen, walaupun memang jika dilihat dengan rentang waktu masih cukup untuk 2 tahun kedepan,” terangnya.

Denis menyebut, sampah yang diangkut ke TPA Cimenteng setiap hari sekitar 220 ton sampah dan ke TPA kedalaman rata- rata sekitar 10 sampai 20 ton.

“Yang paling banyak memang pengangkutan sampah ke TPA Cimenteng kurang lebih 220 tom,” sebutnya.

Untuk mengantisipasi membludaknya pembuangan sampah di Cimenteng dan Kedaleman, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Sukabumi tengah menyiapkan TPA Cikidang.

“Persiapan untuk TPA Cikidang sendiri seluas 32 hektare,” ujarnya.

TPA yang berlokasi di Cikidang memiliki luas 32 hektar dalam perencanaan. Dari total itu, baru 12,5 hektare tanah yang sudah dibebaskan.

“Berbagai upaya dan ikhtiar serta inovasi terus kami lakukan agar TPA Cikidang terwujud,” tandasnya. (upi/d)


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *