Marwan Hamami Pamerkan Potensi Sukabumi ke Wakil Ketua MPR

Bupati Sukabumi Marwan Hamami
Bupati Sukabumi Marwan Hamami saat menerima cinderamata dari Wakil Ketua MPR RI Zulkifli Hasan di Gedung Negara Pendopo Sukabumi, Jumat (12/11).

BUPATI Sukabumi Marwan Hamami menerima kunjungan kerja Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI Zulkifli Hasan di Gedung Negara Pendopo Sukabumi, Jumat (12/11). Kunker tersebut sengaja dilakukan untuk sejumlah potensi yang ada di wilayah Kabupaten Sukabumi.

Marwan Hamami menyampaikan berbagai potensi di Kabupaten Sukabumi terutama potensi sumber daya alam (SDA) yang sangat melimpah. “Sumber daya alam kami sangat melimpah.

Bacaan Lainnya

Maka dari itu, potensi yang melimpah itu, kami tuangkan dalam RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) Kabupaten Sukabumi. Dimana, pertanian dan pariwisata sebagai sektor unggulan,” kata Marwan.

Menurut Marwan, sektor pertanian dan sektor pariwisata merupakan sebuah program unggulan dan ikon pembangunan di Kabupaten Sukabumi.

Terlebih lagi, program tersebut sejalan dengan cita-cita Presiden RI Joko Widodo. “Potensi kita yang dituangkan ke dalam RPJMD menjadi selaras dengan cita-cita Bapak Presiden,” ujarnya.

Salah satu upaya yang dilakukan Kabupaten Sukabumi dalam peningkatan sektor pertanian dan sektor pariwisata, salah satunya melakukan penyelesaian infrastrukturnya. Baik insfrastruktur jalan maupun perusahan daerah yang konsen di pariwisata dan pertanian.

“Kita telah membentuk Perumda Agro dan Pariwisata. Selain itu, infrastruktur pembangunan kita lakukan percepatan juga. Semua ini untuk memudahkan akses pariwisata dan penyaluran hasil pertanian dari Kabupaten Sukabumi,” bebernya.

Dalam kesempatan tersebut, Marwan pun menyerahkan produk unggulan Kabupaten Sukabumi. Seperti batik Purwasedar dan kopi kolonial. Dimana, kopi ini merupakan kopi pertama yang ditanam orang Belanda pada zaman tempo dulu di Sukabumi.

“Kopi ini sampai sekarang masih ada. Bahkan pohonnya sudah sangat besar di wilayah Kalapanunggal. Selain itu, rasa kopinya juga enak. Saat ini sedang dibudidayakan,” terangnya.

Sementara itu, Wakil Ketua MPR RI Zulkifli Hasan mengatakan, Kabupaten Sukabumi ini dekat dengan Ibu Kota Jakarta. Selain itu, potensi yang dimiliki Kabupaten Sukabumi ini, dinilau sangat luar biasa.

“Kami berkunjung ke sini untuk berdiskusi terkait potensi yang ada di Kabupaten Sukabumi. Disini potensinya mulai dari pertanian, wisata, tambang, kuliner dan kerajinan. Sangat luar biasa, dan harus terus dikembangkan,” pungkasnya. (Den/d)


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *