2019, Bangun SAB Cihamerang dan Penataan Lapang Kecamatan

  • Whatsapp
Camat Kabandungan, Nanang Sukandi bersama unsur Muspika Kecamatan Kabandungan dan panitia peringatan Gebyar Tahun Baru Islam.

Penataan Lapang Kecamatan Kabandungan dan pembangunan Sarana Air Bersih (SAB) di Desa Cihamerang menjadi program yang dibiaya P3K di Kecamatan Kabandungan pada 2019 yang melalui Musrenbang.

Laporan Didiet Rahma Aditya

Bacaan Lainnya

Kasi Sarpraswil Kecamatan Kabandungan, Oji Sopiana yang mewakili Camat Kabandungan, Nanang Sukandi, S.Pd MM menerangkan bahwa bantuan P3K 2019 di Kecamatan Kabandungan difokuskan pada dua titik realisasi pembangunan.

“Yakni, pembangunan SAB di Desa Cihamerang dan penataan Lapang Kabandungan,”terangnya kepada Radar Sukabumi beberapa waktu lalu. Untuk pembangunan SAB, imbuhnya, menggunakan pipanisasi sepanjang sekitar dua kilometer dengan dua bak penampungan.

Sumber air yang diperoleh, sambungnya dari mata air Kampung Citarik. Pemanfaatannya, kata kasi diperuntukkan untuk sekitar 300 kepala keluarga. Adapun pembangunan lainnya yang dibiayai dari bantuan P3K 2019 yang disebutkan olehnya adalah penataan Lapang Kecamatan Kabandungan. Penataan lapang untuk kegiatan masyarakat. Model ke depan berupa Taman Tematik, namun menurutnya pengerjaannya saat ini baru blok jalan dan pemagaran.

“Pengerjaanya sudah sekitar 75 persen tinggal pengecatan,”katanya yang juga mengatakan bahwa pelaksana pembangunan oleh kelompok masyarakat yang berdasarkan hasil Musrenbang 2018.

Ia menambahkan ke depan, yakni pada 2020 diharapkan penataan Lapang Kecamatan Kabandungan menjadi Lapang Taman Tematik yang bisa dimanfaatkan untuk taman bermain dan jogging track masyarakat. (*)

Wilayah Berpotensi Pertanian dan Wisata

Kecamatan Kabandungan merupakan wilayah yang berada di Kaki Gunung Salak membawahi enam desa, yakni Desa Kabandungan, Tugu Bandung, Cipeuteuy, Mekarjaya, Cianaga, dan Cihamerang. Potensi yang dimiliki Kecamatan Kabandungan menurut Kasi Sarpraswil Kecamatan Kabandungan, Oji Sopiana menerangkan, di antaranya pertanian dan wisata.

“Untuk potensi pertaniannya miliki komoditi sayur mayur seperti cabai, tomat, kacang panjang, dan lain sebagainya juga miliki potensi persawahan,”katanya. Selain potensi pertanian, imbuhnya juga miliki potensi wisata lokal Curug Sawer yang masih alami terletak di Taman Nasional. (dit)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *