DLH Kabupaten Sukabumi Sebut Volume Sampah Libur Lebaran Naik 20 Persen

DLH-Kabupaten-Sukabumi
Petugas sampah mengangkut sampah-sampah di sejumlah daerah

SUKABUMI – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Sukabumi terus bebenah membersihkan tumpukan sampah di sejumlah Tempat Pembuangan Sampah Sementara (TPPS) pasca libur lebaran Idulfitri 1443 Hijriyah 2022 Masehi.

Kabid Pengelolaan Sampah DLH Kabupaten Sukabumi Tana Indra Permana mengatakan, selama libur lebaran volume sampah, terutama di kawasan wisata Selatan Sukabumi mengalami peningkatan. “Ya, volume sampah meningkat sekitar 20 persen dan didominasi sampah organik serta sampah plastik,” ujar Tana kepada Radar Sukabumi, Senin (9/5).

Bacaan Lainnya

Tana menjelaskan, setiap hari secara terus menerus sampah-sampah di berbagai wilayah itu, terutama kawasan wisata diangkut oleh petugas pengangkut sampah. “Penangananya sampah kami angkut secara bertahap pada lokasi TPSS ke TPA (Tempat Pembuangan Akhir),” paparnya.

Menurutnya, pengangkutan sampah di setiap TPSS tidak cukup hanya satu truk, sehingga setiap TPSS butuh dua truk untuk mengangkut sampah-sampah yang menumpuk tersebut.

DLH-Kabupaten-Sukabumi
Kondisi sampah menumpuk di Jampang Kulon

“Setiap hari sampah yang masuk ke TPA Kedaleman dan Cimenteng, kurang lebih mencapai 240 Ton sehari. Adapun kapasitas TPA Cimenteng saat ini kurang lebih tinggl 25 persen, sedangkan kedalemen 20 persen,” ungkapnya.

Di sisi lain, tidak ada tambahan armada untuk mengatasi persoalan sampah sisa pengunjung atau wisatawan yang telah datang ke kawasan wisata Sukabumi. Maka dari itu, memanfaatkan armada yang dari wilayah lain untuk mengangkut sampah.

“Tidak ada tambahan armada, tetapi kami perbantukan armada dari wilayah lain, misalnya dari Cibadak kami tarik atau sementara diperbantukan ke Palabuhanratu. Jumlah armada ada 51 truk, picik up 8 unit, cator 13 unit dengan total personel yang dikerahkan 379 orang,” tandasnya (ris)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

1 Komentar