Progres Pembangunan Pusat Perkantoran di Palabuhanratu, Tahap Tiga Selesai Akhir 2021

  • Whatsapp
Kepala Seksi Tata Bangunan dan Lingkungan Dinas Perkim Kabupaten Sukabumi, ENDANG KOSAWARA.

RADARSUKABUMI.com – DINAS Perumahan dan Permukiman (Perkim) Kabupaten Sukabumi menyebut progres pembangunan pusat perkantoran pemerintah daerah di Cangehgar Palabuhanratu saat ini sudah memasuki tahap tiga.

Kepala Seksi Tata Bangunan dan Lingkungan pada Dinas Perkim Kabupaten Sukabumi Endang Kosawara mengatakan, pada tahap pertama tahun 2019 proses cut and fi ll (gali uruk) dan sebagian struktur, kemudian tahap dua 2020 full struktur dengan lantai lima lantai dengan rooftop di atasnya.

Bacaan Lainnya

“Nah, di tahun 2021 ini dianggarkan lagi untuk arsitektur, itu pun masih keterbatasan anggaran, masih pandemi jadi banyak yang terpangkas, otomatis penganggaran tidak maksimal.

Baru sampai pengerjaan secara arsitektur keseluruhaan, luar sudah nampak jadi bangunan, kedua lantainya baru satu dengan dua sudah tuntas 100 persen, nanti lantai 3,4 dan 5 nanti menunggu anggaran selanjutnya,” kata Endang.

Lanjut Endang, itupun ada pengerjaan infratruktur dalam pengerjaan tahun ini, kurang lebih anggaran Rp64 miliar itu, yaitu dengan adanya jalan masuk gerbang, tetapi baru sebelah.

“Jalan itu ada dua, ada median jalan dan terlaksana baru sebelah belum full, kemudian sarana-sarana lain, kelistrikan, pju, itu yang baru terlaksana tahun 2021,” jelasnya.

Target selesai pengerjaan tahap tiga ini, tambah Endang pada akhir tahun ini. Dalam kontrak klausul kontrak memang pertahun, pada 2019 sampai Desember, tahun 2020 Desember juga sama, lamanya 7 bulan.

Jalan masuk ke pusat perkantoran Pemerintah Kabupaten Sukabumi di Palabuhanratu.

“Kalau yang 2021 lelang dari ULP dan PBJ baru tayang dan belum tahu siapa kontraktornya serta pemenangnya, siapapun pemenangnya rencana pengerjaan target 6 bulan sampai akhir Desember selesai,” imbuhnya.

Endang memaparkan, sepengetahuan dia pembangunan pusat perkantoran pemerintah daerah tersebut rencana Bupati Sukabumi, yang didengar di setiap rapat. Semua perkantoran yang ada di utara maupun kota akan disentralkan di Palabuhanratu sebagai pusat pelayanan.

“Di samping buat kantor pak bupati ada dinas-dinas di lima lantai. Adapun dinas belum tahu peruntukannya dinas mana saja, karena belum ada keputusan dari pak bupati,” bebernya.

Sebenarnya, target pengerjaan secara keseluruhan tergantung anggaran, kalau anggaran full, seharusnya tahun ini sudah selesai. Namun, menghadapi pandemi Covid-19 maka terdampak recofusing.

“Pandemi berpengaruh terhadap penganggaran, sehingga tidak maksimal banyak yang dipangkas karena itu kebijakan nasional, kita juga tentu menunggu kebijakan pimpinan dan menggunakan anggaran yang ada saja,” jelasnya. (cr1/d)

loading...

Pos terkait