Distan Kabupaten Sukabumi Siap Fasilitasi Petani Milenial

Bupati Sukabumi Marwan Hamami
Bupati Sukabumi Marwan Hamami saat menghadiri District Multi Stakholder Forum Kolaborasi Antar Stakholder dalam menciptakan Wirausaha Muda dan Ketenagakerjaan Pertanian, di Aula Setda Palabuhanratu

RADARSUKABUMI.com – Bupati Sukabumi Marwan Hamami mengapresiasi atas masuknya program Youth Entrepreneurship and Employment Support Service (YESS) tahun 2022 ke Kabupaten Sukabumi.

Program tersebut dinilai dapat mendorong generasi muda untuk untuk mendongkrak pemulihan ekonomi dalam bidang pertanian milenial.

Bacaan Lainnya

Hal itu disampaikan Marwan saat menghadiri District Multi Stakholder Forum Kolaborasi Antar Stakholder dalam menciptakan Wirausaha Muda dan Ketenagakerjaan Pertanian, di Aula Setda Palabuhanratu, Senin (7/3).

“Program YESS ini ialah salah satu bentuk optimalisasi pemuda dalam sektor pertanian, sehingga hal ini harus menjadi daya tarik untuk generasi muda dalam menghadapi daya saing perekonomian kita,” ucap Marwan.

Selain itu, sambung Marwan, stakholder terkait pun harus mendorong dan memfasilitasi dalam mengembangkan potensi pertanian lokal yang ada di Kabupaten Sukabumi. Sehingga dapat memberikan nilai yang positif dalam pengembangan sumberdaya pertanian.

“Forkopimcam (forum koordinasi pimpinan kecamatan) harus bersinergi dalam mendorong program tersebut, dan tentunya anak muda tidak harus gengsi dalam mengembangkan wirausaha dalam bidang pertanian. Sebab sektor pertanian sangat menjanjikan,” ungkapnya.

Menurut Marwan, untuk mewujudkan pertanian modern itu tidak mudah, maka dirinya berharap kepada generasi muda untuk tertarik dalam mengembangkan program Yess, untuk mengurangi tingkat pengangguran di Kabupaten Sukabumi. “Stakholder diwajibkan untuk memberikan pemahaman terhadap masyarakat terkait manfaat program Yess,” papar dia.

Kepala Dinas Pertanian T endy Hendrayana mengajak generasi muda yang ada di perdesaan untuk meningkatkan perekonomian yang dilakukan melalui pelatihan dengan memanfaatkan teknologi, alat dan mesin pertanian, permagangan, akses permodalan, hingga jejaring pemasaran.

“Dinas Pertanian terus berupaya memfasilitasi generasi muda untuk menggeluti wirausaha pertanian yang unggul,” singkat Th endy. (ris)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan