Distan Kabupaten Sukabumi Salurkan Ribuan Benih Jagung

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi
Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi, Thendy Hendrayana (tengah)

SUKABUMI – Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Sukabumi belum lama ini telah memberikan ribuan benih  jagung kepada para petani di tiga kecamatan yang berada di wilayah Selatan Sukabumi. Yakni Kecamatan Surade, Kecamatan Ciracap dan Kecamatan Jampang Kulon.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi Thendy Hendrayana mengatakan, pemberian bantuan jagung diperuntukkan kepada Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan), uwilayah Kecamatan Surade dengan luas lahan 50 hektare, Kecamatan Ciracap seluas 90 hektare, serta Kecamatan Jampang Kulon 80 hektare untuk masa tanam 2022.

Bacaan Lainnya

“Pemberian bantuan benih jagung itu tujuannya agar menjamin ketersediaan stok dan stabilisasi pasokan serta harga jagung. Kami salurkan melalui BPP (Balai Penyuluhan Pertanian),” ujar Thendy kepada Radar Sukabumi.

Dia menegaskan, benih jagung tersebut sudah diserahkan kepada Gapoktan, namun belum ada penanaman yang dilakukan secara serempak. “Penanaman baru dilakukan pada titik-titik tertentu, seperti lahan kosong kemudian ladang oleh petani anggota Gapoktan,” paparnya.

Adapun jumlah benih jagung yang sudah didistribusikan untuk Kecamatan Surade sebanyak 750 kilogram (kg), Kecamatan Ciracap 1350 kilogram dan Kecamatan Jampang Kulon sebanyak 1200 kilogram.

“Komoditas jagung menjadikan andalan ekonomi petani, khusus Kabupaten Sukabumi karena memiliki potensi lahan yang luas dan sistem pertanian yang memadai, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” tandasnya. (ris)

Distan Tanam Jagung Hibrida Seluas 25 Hektare
Sekretaris Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi, Denis Eriska bersama Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Jawa Barat dan kelompok tani saat menanam jagung hibrida di lahan seluas 25 hektare di wilayah Desa Cihaur, Kecamatan Simpenan

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.