KABUPATEN SUKABUMI

Pasien Puskesmas Cicurug Sukabumi Berhamburan, Ada Kepulan Asap

×

Pasien Puskesmas Cicurug Sukabumi Berhamburan, Ada Kepulan Asap

Sebarkan artikel ini
Puskesmas-Cicurug-Sukabumi
Petugas Damkar saat memadamkan api yang berasal dari korsleting listrik di Puskesmas Cicurug pada Jumat (31/03).

SUKABUMI – Petugas Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Cicurug, Kabupaten Sukabumi, dihebohkan dengan percikan api disertai kepulan asap yang keluar dari sebuah kWh listrik pada Jumat (31/03) siang.

Tidak ada korban jiwa maupun korban luka-luka pada peristiwa yang terjadi sekira pukul 10.40 WIB itu. Lantaran, petugas Damkar setempat sigap melakukan upaya pemadaman. Sehingga, percikan api yang berasal dari korsleting listrik tersebut, tidak menjalarke bangunan Puskesmas.

Salah seorang petugas Puskesmas Cicurug, Hardi mengatakan, saat kejadian ia tengah berada di poli gigi. Saat itu, ia mengaku mendengar suara ledakan. Bahkan, lampu di ruangan poli gigi pun ikut mati. “Kemudian saya mengeceknya ternyata melihat para pasien teriak- teriak berlarian keluar,” katanya.

Setelah itu, ia melihat api tengah berkobar dari kWh listrik. Melihat kejadian itu, ia pun spontan teriak dan bergegas mengevakuasi para pasien dengan menggunakan jalur evakuasi. “Alhamdulillah, tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, hanya pelayanan Puskesmas sempat terhenti,” imbuhnya.

Wakil Komandan peleton (Wadanton) Posko Wilayah III Damkar Kecamatan Cicurug, Dicky Harudin mengatakan, setelah mendapat laporan dari pihak Puskesmas Cicurug, ia bersama sejumlah anggotanya langsung bergegas ke lokasi kejadian.

“Memang jarak Puskesmas dengan lokasi kita, tidak terlalu jauh. Maka, api berhasil diantisipasi. Sehingga, tidak menjalar ke bangunan Puskesmas,” kata Dicky kepada Radar Sukabumi pada Jumat (31/03).

Setiba di lokasi kejadian, sambung Dicky, petugas langsung melakukan penyemprotan awal dengan menggunakan Alat Pemadam Api Ringan (APAR). Namun, karena sudah beberapa APAR digunakan, tetapi api tidak bisa dipadamkan. Lantaran, arus listrik masih terus menyala.

“Iya, akhirnya pemadaman menggunakan penyiraman unit mobil pemadam kebakaran. Alhamdulillah, sekitar pukul 10.51 WIB akhirnya api bisa dipadamkan,” pungkasnya. (Den)