ODGJ Sukabumi Akhirnya Dikembalikan

  • Whatsapp

RADARSUKABUMI.com – SUKABUMI – 46 Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) yang sebelumnya menjalani perawatan tim medis dari Rumah Sakit Marzoeki Mahdi (RSMM) Bogor, akhirnya dikembalikan ke Panti Aura Welas Asih (AWA), tepatnya di Jalan Raya Pelita Cipaturugan, RT 5/5, Desa Jayanti, Kecamatan Palabuhanratu.Sebelumnya mereka telah dibawa ke RSMM Bogor untuk menjalani perawatan dan pengobatan sejak 22 November 2018 lalu.

Kepala Instalasi KJM dan PKRS, Ns. I Ketut Sudiatmika mengatakan, tim kesehatan jiwa RSMM Bogor yang terdiri dari Koordinator Linsek dan Pelaksana Kegiatan bersama 8 petugas lainnya, telah membawa 46 ODGJ pasca rawat dengan menggunakan satu unit bus berukuran sedang, satu unit Ambulance RSMM Bogor dan satu unit Ambulance milik Panti AWA .

Bacaan Lainnya

“Mereka telah kami serahkan kembali kepada Panti AWA pada Senin kemarin sekira pukul 09.00 WIB,” jelasnya.Panti AWA yang mempunyai luas lahan 2.000 meter persegi dengan luas bangunan 1.100 meter ini, memiliki ruang rehabilitasi laki-laki, wanita, Lansia, musola, kantor, gudang, isolasi dan ruang serbaguna.

Panti AWA yang dipimpin oleh Denny Solang ini, memiliki 171 pasien yang terdiri dari 117 laki-laki dan 54 perempuan dengan jumlah perkara 114 kasus terlantar, 32 kasus pasung, 139 pasien keluarga miskin dan 32 pasien dengan bayar mandiri. “Semua pasien tersebut, telah ditangani oleh 14 orang pegawai panti dan 1 petugas kesehatan,” paparnya.

Dari 171 pasien tersebut, terdapat 57 pasien diantaranya yang sudah memiliki BPJS atau KIS. Sementara sisanya merupakan pengguna Jamkesda. “Rencana tindak lanjut untuk penanganan 46 ODGJ pasca rawat ini, meliputi kepatuhan minum obat, jadwal kontrol, penanganan rehabilitasi. Seperti rehabilitasi sosial, spiritual, life skill, rehabilirtasi kerja, sosialisasi ke keluarga dan masyarakat,” bebernya.

Diakhir kegiatan, dilakukan diskusi bersama untuk mengantisipasi dampak dari kebijakan integrasi pembiayaan perawatan jamkesda ke BPJS terutama untuk ODGJ terlantar dan ODGJ Keluarga miskin yang tidak memilik kartu identitas berupa KTP dan KK, khususnya untuk ODGJ di Panti AWA dan umumnya untuk ODGJ yang berada di wilayah Kabupaten Sukabumi.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *