KABUPATEN SUKABUMI

Marwan: Mari Terbarkan Kedamaian

SUKABUMI – Dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional (HSN) 2018, ribuan santri dari berbagai pondok pesantren yang ada di Kabupaten Sukabumi tumpah ruah di Alun-alun Masjid Agung Palabuhanratu, kemarin (22/10). Sebagaimana keseharian mereka, para santri putra menggunakan sarung dan kopiah, sementara santri putri menggunakan baju kurung.

Bupati Sukabumi, Marwan Hamami mengatakan, peringatan HSI tahun ini merupakan babak baru dalam sejarah umat Islam di Indonesia. Karena, merupakan wujud realisasi harmonis antara pemerintah dan umat Islam khususnya bagi kalangan kaum santri.

“Dengan peringatan HSN ini, pemerintah sudah sepatutnya memberikan apresiasi bagi perjuangan kaum santri yang secara nyata memberikan andil besar bagi terbentuk dan terjaganya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” ujarnya disela memberikan sambutan, kemarin (22/10).

Untuk itu, peringatan HSN ini harus ditandai sebagai upaya memperkokoh antar umat beragama agar saling berkontribusi, mewujudkan masyarakat Indonesia yang bermartabat, berkemajuan, berkesejahtraan, berkemakumuran dan berkeadilan.

“Sesuai tema yang mengusung ‘Bersama Santri Damailah Negeri’, hal ini merupakan momentum untuk mempertegas peran santri sebagai pionir perdamaian yang berorientasi pada spirit moderenisasi islam di Indonesia, dengan karakter pesantren yang moderat, toleran dan komitmen cinta tanah air,” bebernya.

Marwan berharap, para santri semakin vokal untuk menyuarakan dan mengedepankan hidup damai serta menahan lahirnya konflik di tengah masyarakat. “Saya sebagai Bupati, mengajak kepada paras santri di Sukabumi marilah kita tebarkan kedamaian dimanapun dan kepada siapapun,” ajak Marwan.

Ditempat terpisah Anggota DPR RI, Reni Marlinawati mengucapkan selamat HSN kepada santri di Indonesia. Ia mengajak untuk bersama-sama melanjutkan jejak perjuangan agama Islam untuk membangung negeri ini damai dan berkembang.

“Jaman penjajah masuk ke Indonesi pada 1975, sudah ada pesantren besar yang didalamnya terlahir santri-santri. Dengan perkembangan zaman, santri sangat mempunyai peranan penting dalam sisi syiar, peningkatan pembangunan dan lainya,” tandasnya.

 

(cr1/t)

Tags
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button