Libur Lebaran,  Volume Sampah Naik 80 Persen

  • Whatsapp
Tumpukan sampah di samping Lapangan Cangehgar Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi. FOTO: Garis/Radar Sukabumi

SUKABUMI – Pemerintah Kabupaten Sukabumi memperkirakan volume sampah libur lebaran tahun 2021 mengalami lonjakan yang signifikan 50 hingga 80 persen. Volume sampah tersebut didominasi oleh sampah organik 200 ton perhari.

Kepala Bidang Pengelolaan Sampah pada Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Sukabumi, Denis Eriska mengatakan, volume sampah tahun ini kenaikannya cukup tinggi. Apalagi saat H+1 dan H+2 lebaran, banyak wisatawan yang datang memadati pantai-panti di kawasan Palabuhanratu, Geopark dan sekitarnya.

Bacaan Lainnya

“Ya, ada kenaikan volume sampah sekitar 50-80 persen, kalau tahun lalu hanya 20-50 persen. Sampah didominasi sampah organik terutama bekas kelapa dawegan (kelapa muda) yang menumpuk, lainnya sampah sisa makanan,” ujar Denis kepada Radar Sukabumi, Senin (17/05).

Menurutnya, DLH telah mengantisipasi lebih awal jika terjadi lonjakan sampah pada libur lebaran tahun ini, sehingga sampah tersebut dapat diangkut dan tidak menumpuk di sejumlah titik. Terutama di kawasan objek wisata Kabupaten Sukabumi.

“Untuk mengantisipasi meningkatnya volume sampah akibat kunjungan wisata yang membludak, makanya pekerja pengangkut sampah kami, bekerja lembur. Bahkan pada hari lebaran pun mereka tetap ada yang bekerja membersihkan sampah-sampah, termasuk 51 unit armada pengangkut sampah semua beroperasi,” paparnya.

Pos terkait