Kodim 0622 Kabupaten Sukabumi Gelar Donor Darah

Prajurit TNI saat melakan donor darah di saat pandemi Covid 19 di aula Makodim 0622 Kabupaten Sukabumi, Selasa (15/9).

RADARSUKABUMI.com — Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) TNI ke 75, Kodim 0622 Kabupaten Sukabumi menggelar aksi donor darah, Selasa (15/9). Aksi sosial yang dipusatkan di aula Makodim 0622 Kabupaten Sukabumi ini, telah bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Sukabumi.

Dandim Kodim 0622 Kabupaten Sukabumi, Letkol Arm Suyikno mengatakan, donor darah yang dilakukan prajurit TNI ini, merupakan salah satu bentuk kepedulian TNI untuk membantu kelangkaan stok darah di PMI Kabupaten Sukabumi.

Bacaan Lainnya

Terlebih lagi, saat ini ketersediaan darah di PMI sangat kurang akibat masyarakat mengalami kekhawatiran mendonor darah di tengah pandemi virus corona atau Covid-19.

“Donor darah ini merupakan kegiatan rutin di lingkungan Kodim 0622 Kabupaten Sukabumi. Jadi, kegiatan sosial ini bukan hanya dilakukan pada saat HUT TNI saja, tetapi di hari-hari biasanya juga selalu kita lakukan,” kata Suyikno kepada Radar Sukabumi, Selasa (15/9).

Pihaknya mengaku senang dan bangga bisa berkontribusi mendonorkan darahnya untuk membantu PMI Kabupaten Sukabumi yang mengalami kelangkaan stok darah ditengah mewabahnya Covid 19. “Selain itu, kegiatan ini juga sudah ada petunjuk dari komando atas,” paparnya.

Saat donor darah, puluhan prajuritnya tak gentar untuk mengikuti pelaksanaan donor darah di tengah pandemi corona. Meski digelar di aula setempat, namun, pihaknya pun tetap mengedepankan protokoler kesehatan sebagai upaya untuk mencegah penularan Covid-19.

“Meski pendonor mulai berkurang drastis, tak menjadikan halangan bagi prajurit TNI untuk menyerahkan darahnya secara sukarela. Social distancing tetap diberlakukan. Untuk waktu bagi pendonor pun, kita atur waktu kedatangannya, dan dilakukan secara bergantian,” timpalnya.

Seluruh darah yang terkumpul dari aksi donor darah prajuritnya ini, akan disumbangkan kepada masyarakat yang membutuhkan melalui PMI Kabupaten Sukabumi.

“Donor darah ini bisa meringankan beban pasien yang berobat di RSUD dan rumah sakit lainnya di Sukabumi. Semoga apa yang diberikan oleh Kodim 0622 Kabupaten Sukabumi kepada PMI Kabupaten Sukabumi dalam ini, dapat memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat Kabupaten Sukabumi, umumnya masyrakat Indonesia,” tandasnya.

Pihaknya menambahkan, banyak terobosan yang sudah dilakukan Kodim 0622 Kabupaten Sukabumi untuk mendorong stabilitas ketahanan pangan, mulai dari peningkatan pertanian, perkebunan, perikanan dan peternekan.

“Selain itu, dari segmen pendidikan, Kodim 0622 Kabupaten Sukabumi juga membantu dengan memfasilitasi WiFi gratis untuk para pelajar yang ada di wilayah sekitar koramil masing-masing.

Ini untuk membantu keluarga yang kurang mampu secara finansial dalam memperjuangkan anaknya untuk bisa melakukan proses kegiatan belajar mengajar (KBM) secara online,” pungkasnya. (den/d)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.