Kodim/0607 Perkokoh Wawasan Kebangsaan Warga Sekitar TMMD

  • Whatsapp
SEMINAR: Danramil 0710/Nagrak Kapten CBA Uus Sugiatna menyampaikan pentingnya pengetahuan wawasan kebangsaan bagi masyarakat. IST

SUKABUMI– Dalam upaya meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa serta penguatan cinta tanah air, Kodim 0607/Kota Sukabumi menggelar seminar wawasan kebangsaan di Kampung Kebon Panjang RT 37/15 Desa Sundawenang Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, belum lama ini.

Seminar yang merupakan bagian dari program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-110 ini disampaikan langsung Danramil 0710/Nagrak Kapten CBA Uus Sugiatna dan dihadiri warga sekitar program TMMD. Dalam kesempatannya, Kapten Uus menekankan pentingnya pengenalan wawasan kebangsaan bagi masyarakat guna meningkatkan pengetahuan serta kesadaran demi kesatuan dan persatuan di tengah masyarakat berdasarkan Pancasila.

Bacaan Lainnya

“Wawasan kebangsaan dan bela negara yang dianut keagamaan tersebut dapat bermanfaat bagi peningkatan kualitas kehidupan masyarakat sebagai contoh soal kebersamaan dan kekompakan dalam program TMMD ke 110,” ujarnya.

Ia menambahkan, meski diera modern saat ini, namun rasa kebangsaan di tengah-tengah masyarakat, khususnya di Kabupaten Sukabumi masih bisa terasa. Hal itu terlihat dari program TMMD yang digalakannya. Di mana, warga terlihat kompak dan saling gotong royong melakukan pembangunan jembatan sebagai penghubung antara desa.

“Tentunya ini menjadi nilai yang positif terhadap peningkatan kesehatan masyarakat desa yang dimaksudkan untuk memegang komitmen persatuan dan kesatuan bangsa,” jelasnya.

Menurut Uus, wawasan kebangsaan ini tidak terlepas dari pedoman dasar pancasila. Di mana, nilai-nilai Universal dalam Pancasila adalah, nilai-nilai luhur yang mengkristal dalam Rumusan Pancasila sebagai perwujudan filsafat kemanusiaan yang mencerminkan hubungan manusia dengan Tuhan. Manusia dengan Manusia, dan Manusia dengan lingkungan alam tempat hidup,” imbuhnya. (why)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *