KABUPATEN SUKABUMI

Jembatan Gantung Situ Gunung Sukabumi Ditutup Sementara

SUKABUMI, RADARSUKABUMI.com – Kawasan wisata Jembatan gantung Situ Gunung Sukabumi akhirnya resmi ditutup sementara mulai hari ini, Rabu (18/3/2020). Kebijakan ini dilakukan sebagai upaya mencegah meluasnya penyebaran virus corona atau COVID-19.

“Untuk meminimalisir risiko semakin meluasnya COVID-19 bagi pengunjung, petugas, masyarakat dan satwa liar maka dilakukan penutupan tempat-tempat wisata di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango di wilayah Kabupaten Cianjur dan Kabupaten Sukabumi sampai dengan pemberitahuan selanjutnya,” demikian isi surat edaran yang ditandatangani oleh Kepala Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, Wahyu Rudianto.

Sementara itu, Kepala Resort Pengelolaan Taman Nasional (PTN) Situ Gunung Sukabumi, Asep Suganda menambahkan, kawasan wisata jembatan gantung merupakan salah satu taman wisata yang dimaksud dalam surat edaran tersebut. Sehingga pihaknya mulai menutup segala aktivitas wisata untuk umum mulai hari ini.

“Ya kawasan wisata Jembatan Gantung Situ Gunung mulai ditutup untuk umum mulai hari ini sampai pada batas waktu yang belum dapat ditentukan,” ujar Asep Suganda kepada Radarsukabumicom.

Dijelaskan oleh Asep Suganda, langkah ini terpaksa dilakukan demi mencegah penyebar luasan virus corona di objek wisata yang tergolong sebagai tempat keramaian umum. Adapun dasar hukum paling utamanya adalah Keputusan Presiden RI Nomor 7 tahun 2020 tentang gugus tugas percepatan penanganan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).

“Sebelumnya kami juga sudah melakukan protokol peningkatan kewaspadaan terhadap risiko penyebaran virus corona dengan mengecek suhu tubuh para pengunjung, pemberian masker, dan menyediakan tempat cuci tangan lengkap dengan sabunnya,” ungkap Suganda.

“Selain itu kami juga dengan para stakeholder terkait melakukan operasi bersih di seluruh kawasan wisata,” tuntasnya. (izo/rs)

Tags
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button