BERITA UTAMAKABUPATEN SUKABUMI

Dermaga Palabuhanratu Banjir, Akibat Sungai Cipalabuan Meluap, Lihat Videonya

SUKABUMI — Intensitas curah hujan yang tinggi menyebabkan sungai Cipalabuan, Kelularahan/Kecamatan Palabuhanratu, meluap hingga meredam dermaga dua Palabuhantu, Rabu (18/3).

Meski tidak ada korban jiwa, namun pasca banjir tersebut, telah menyebabkan tumpukan sampah dari berbagai jenis berserakan di kawasan dermaga tersebut.

Seorang warga Kelurahan/Kecamatan Palabuhanratu, Firmansyah (34) mengatakan, banjir yang terjadi sekira pukul 15.00 WIB ini, terjadi setelah wilayah tersebut dilanda hujan deras sejak pukul 14.20 WIB.

Tidak lama setelah itu, debit air yang melintasi sungai Cipalabuhan, langsung meluap dan menerjang kawasan dermaga. “Air ini meluap dengan ketinggian sekitar 30 centimeter,” jelas Firmanyah kepada Radar Sukabumi, Rabu (18/3).

Akibat banjir tersebut, kawasan dermaga telah dipenuhi tumpukan sampah mulai dari sampah plastik, rumah tangga, ranting ranting kayu dan lainnya. “Air kembali surut setelah satu jam hujan reda,” paparnya.

Air dari sungai Cipalabuhan telah meluap dan meredam kawasan dermaga. Lantaran, kondisi saluran air tersebut telah mengalami pendangkalan akibat lumpur yang sudah lama tidak dilakukan pengerukan.

Terlebih lagi, di lokasi sungai itu banyak ditemukan sampah yang berserakan hingga menyumbat saluran air. “Sehingga, saat hujan deras, air tersebut langsung meluap. Karena tidak kuat menahan debit air,” paparnya.

Sementara itu, Kasubag Tata Usaha PPNP Palabuhanratu, Asep Pardiansyah mengatakan, setelah banjir tersebut surut, ia bersama sejumlah petugas lainnya, langsung melakukan aksi bersih-bersih sampah yang berserakan di sekitaran dermaga tersebut.

“Sekitar pukul 17.00 WIB, sampai itu langsung di bersihkan oleh petugas dari Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Palabuhanratu,” katanya.

Pihaknya menambahkan, peristiwa banjir tersebut bukan pertama kalinya terjadi. Untuk itu, ia berharap kepada seluruh stakehoalder, khsusunya kepada masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan ke sungai.

“Saya berharap masyarakat dapat bekerjasama dalam menjaga lingkungan. Seperti membuang sampah pada tempatnya. Iya, kalau dibuang ke sungai, otomatis saluran air akan tersendat. Sehingga saat terjadi hujan deras, airnya akan meluap seperti sekarang ini,” pungkasnya. (den/d)

Tags
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button