Ini Agenda Pra Milad ke 7 Baldatun di Saung Pergerakan, Ada Peningkatan Hafalan

Baldatun Center
MENYUAPI : Pendiri sekaligus penanggungjawab Baldatun Center Ade Dasep Zaenal Abidin bersama wakil bupati terpilih Iyos Somantri pada saat menyuapi Anak Yatim Piatu, Minggu (24/01/2021)

SUKABUMI — Menjelang Milad Baldatun yang ke-7 yang jatuh pada tanggal 7 Pebruari 2023, Balad Ade Dasep Siap Turun (Baldatun) Center mengadakan seleksi MHQ tingkat desa. Kegiatan yang akan dilaksanakan di saung pergerakan Baldatun Center diikuti oleh 17 ke RWan yang ada di Desa Sekarwangi pada Minggu (15/01/2023). 

Pendiri sekaligus penanggungjawab Baldatun Center Ade Dasep Zaenal Abidin mengatakan, untuk kegiatan sendiri akan dimulai dari pukul 06:00 WIB dengan akan berziarah terlebih dahulu ke Makan orang tua. Kemudian dilanjutkan dengan kegiatan acara yang difokuskan di saung Pergerakan.

Bacaan Lainnya

“Seperti biasa, acara akan dimulai dengan ditandai dengan berziarah ke makam orang tua terlebih dahulu, hal itu sebagai wujud bakti kepada orang tua. “jelas Ade Dasep Sabtu (12/01/2023).

“Untuk pesertanya, 17 Anak Yatim dari 17 ke RWan, yang Hapidz Alquran. Untuk jumlah hafalannya dari Juz 27,28,29 sampai juz 30, “terangnya.

Setelah berziarah ke makam orang tua, 17 anak yatim perwakilan dari 17 RW akan diajak untuk berkeliling dengan menggunakan nayor sebagai kendaraan ciri khas kecamatan Cibadak. Hal itu, dilakukan sebagai komitmen Baldatun Center dalam melestarikan aset daerah agar terus dikenal oleh warganya, umumnya bagi masyarakat Kabupaten Sukabumi.

“Kami akan ajak anak yatim untuk berkeliling, supaya anak yatim ini bahagia dan sekaligus mengenalkan kendaraan ciri khas kota Cibadak, “cetusnya.

Lebih lanjut dirinya mengatakan, acara ini sebagai salah satu cara menggemakan Alquran di wilayah Cibadak, agar makmur yatimnya makmur juga warganya. Tak hanya itu, kegiatan ini juga salah satu sebagai rangkaian perayaan HUT Partai Gerindra yang jatuh pada tanggal 6 Pebruari 2023.

“Nantinya, untuk hasil seleksi MHQ ini akan dibawa ke Acara puncak yakni MHQ anak Yatim yang belum balig binaan Baldatun Center Se-Dapil III Kabupaten Sukabumi yang akan digelar pada tanggal 7 Februari 2023 di gedung BK3D Cibadak, yang nantinya digabungkan dengan peserta lain dari 58 desa dan satu kelurahan enam kecamatan dari Dapil III Kabupaten Sukabumi, “cetusnya.

Lebih lanjut dirinya juga mengatakan, tak hanya akan membahagiakan anak yatim tetapi dalam kegiatan itu juga akan mengadakan kuis khusus kepada para koordinator RW Baldatun Center Se-Desa Sekarwangi. Tujuannya untuk sekedar memberikan semangat dalam mengasuh anak Yatim binaan yang ada di keRWan masing-masing, untuk petayaannya seputar buku ‘Dua Jurus Baldatun Center’.

“Nanti para koordinator ini akan diberi pertanyaan seputar isi buku dua jurus Baldatun Center, yang mampu menjawab tentu ada hadiah khusus dari kami. Tujuannya agar mereka faham betul dengan tujuan didirikan Baldatun centern ini, “tandasnya.

Sementara itu, seperti biasa untuk trofi juara di Desa Sekarawangi akan diberikan Alquran Terjemahan, alat tulis sekolah dan juga uang pembinaan, untuk juara pertama Rp6 Juta rupiah. Untuk Juara kedua Rp5 Juta dan Alquran serta alat tulis sekolah dan yang kedua Rp4 Juta berikut Alquran dan alat tulis sekolah.

Sementara untuk peserta yang MHQ yang belum mendapatkan kesempatan juara akan mendapatkan uang pembinaan Rp700 ribu yang masing-masing disesuaikan dengan jumlah Milad yang ke-7.

“Mereka yang tidak juara dapat juga uang pembinaan Rp700 ribu dan Alquran serta seperangkat alat tulis sekolah.

Pada milad ke-7 nanti bakal ada sebuah kejutan bagi anak-anak binaan, menurutnya kejutan tersebut adalah Kartu Indonesia Sehat (KIS) khusus anak-anak yatim binaan Baldatun Center, yang memang saat ini sangat dibutuhkan mereka. Menurutnya, kesehatan anak-anak yatim harus diutamakan.

Pos terkait