Hujan Guyur Sukabumi, Longsor Timbun Jalan Penghubung Desa Cibuntu

  • Whatsapp
Longsor Cibuntu Sukabumi
Kondisi jalan kabupaten di Kampung Cipurut RT 024 RW 006 Desa Cibuntu, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi, tertimpa longsoran tanah.

SUKABUMI – Hujan dengan intestitas tinggi yang terus menerus mengguyur wilayah Sukabumi, mengakibatkan tebing jalan perlintasan kabupaten, tepatnya di Kampung Cipurut RT 024 RW 006 Desa Cibuntu, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi, mengalami longsor.

Informasi yang dihimpun Radar Sukabumi, longsor tebing jalan kabupaten yang merupakan jalan penghubung jalan Bagbagan menuju Desa Cibuntu, terjadi pada Rabu (24/11) sekitar pukul 11:30 WIB.

Bacaan Lainnya

“Material longsoran tebing diperkirakan setinggi 12 meter dengan lebar 6 meter tersebut menutupi seluruh jalan dan mengakibatkan tidak lancarnya arus lalu lintas, sehingga hanya bisa dilalui roda dua dan pejalan kaki,” ujar Petugas Penanggulangan Bencana Kecamatan (P2BK) Simpenan, Dandi Sulaeman.

Ia menyebutkan bahwa tidak ada korban jiwa maupun luka akibat bencana tersebut, karena saat kejadian kondisi jalan raya sedang sepi. Baik dari arah Bagbagan maupun dari arah Cibuntu.

“Tebing jalan itu longsor akibat curah hujan yang terus menerus, sehingga kadar tanah melemah dan bergerak. Kami bersama masyarakat bergotong royong membersihkan material tanah yang menimpa jalan agar bisa dilalui kendaraan roda dua dan pejalan kaki,” paparnya.

Meskipun begitu, belum semua material tanah yang menghalangi jalan dapat dievakuasi dan saat ini masih menunggu bantuan alat berat untuk membersihkan tanah bebatuan, dan pohon yang menimpa jalan.

“Untuk evakuasi kami masih menunggu alat berat, soalnya yang lain masih berpotensi terjadi lagi. Assasement dan koordinasi dengan berbagai pihak juga sudah kami lakukan.

Kami juga terus mengimbau kepada warga sekitar untuk tetap waspada mengingat cuaca ekstrem masih terjadi, khawatir terjadi pergeseran tanah lagi,” ungkapnya. (ris/d)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *