DLH Kabupaten Sukabumi Gandeng FKPPLH Lakukan Penghijauan, Jaga Kelestarian Alam

DLH Kabupaten Sukabumi
DLH dan FKPPLH saat melakukan penanaman pohon di kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS) Desa Cidahu, Kecamatan Cidahu.

SUKABUMI – Dalam menjaga kelestarian alam sekaligus memperingati Hari Lingkungan Hidup 2022, maka Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Sukabumi dan OPD lainnya bekerjasama dengan Forum Komunikasi Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup (FKPPLH) dan beberapa perusahaan yang berada di wilayah Kecamatan Cicurug dan Kecamatan Cidahu, melakukan penanaman pohon di kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS) Desa Cidahu, Kecamatan Cidahu.

Sekertaris Dinas Pertanahan dan Tata Ruang Kabupaten Sukabumi, Havid Fauzi mengatakan, kegiatan tersebut merupakan sebuah komitmen bersama dalam menjaga kelestarian lingkungan.

Bacaan Lainnya

Salah satunya dengan membumi hijaukan alam. “Pohon – pohon yang kita tanam hari ini nantinya akan menghasilkan sumber air yang berguna bagi masyarakat dan perusahaan yang ada di wilayah sekitar,” kata Havid pada Jumat (24/06).

Maka dari itu, pihaknya mengajak kepada seluruh stakeholder bekerjasama untuk menjaga kelestarian lingkungan. Terlebih lagi, menurutnya bahwa sejauh ini untuk Daerah Aliran Sungai (DAS) Cicatih secara Tata Ruang (TR) sudah ditetapkan menjadi kawasan konservasi yang selalu terjaga sampai saat ini.

“Sebagaimana dapat kita ketahui, bahwa air itu merupakan sumber kehidupan bagi setiap mahluk. Untuk itu, menjaga kelestarian alam sebetulnya merupakan tanggung jawab kita bersama,” paparnya.

Sementara itu, Ketua FKPPLH Irfan Azis menjelaskan,, penghijauan itu merupakan langkah utama mengatasi permasalahan sumber mata air.

Untuk itu, dirinya mengajak seluruh perusahaan serta lembaga yang berada di Kaki Gunung Salak agar berperan aktif menjaga sumber air DAS Cicatih. Dengan harapan kondisi lingkungannya dapat terjaga dengan baik.

“Jangan sampai karena kelalaian kita tidak menjaga lingkungan, malah berakibat fatal. Seperti terjadinya bencana longsor, banjir dan yang lainnya,” pungkasnya. (Den)

DLH Kabupaten Sukabumi
DLH dan FKPPLH saat melakukan penanaman pohon di kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS) Desa Cidahu, Kecamatan Cidahu.

Pos terkait