BUMDes Harus Bisa Tingkatkan Kesejahteraan Warga

  • Whatsapp
Kepala Desa Kebonpedes, Dadan Apriandani
Kepala Desa Kebonpedes, Dadan Apriandani saat memberikan arahannya pada kegiatan serah terima jabatan ketua dan pengurus Bumdes tahun periode 2020 sampai 2025 di kantor Desa Kebonpedes.

KEBONPEDES — Upaya meningkatkan kesejahtraan masyarakat, pemerintah Kecamatan Kebonpedes melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Amanah, tengah berupaya maksimal untuk menyediakan bibit, pupuk dan alat pertanian yang berkualitas dengan harga di bawah pasaran.

Kepala Desa Kebonpedes, Dadan Apriandani mengatakan, mayoritas warga Kecamatan Kebonpedes aktivitas sehari-harinya berprofesi sebagai petani, baik tani padi maupun palawija. Seperti sawi, tomat, cabai, timun dan lainnya.

Bacaan Lainnya

Untuk meningkatkan produksi pertaniannya, maka BUMDes Amanah, akan membantu para petani dengan menyediakan bibit ungggul dan pupuk serta alat pertanian yang berkualitas dengan harga di bawah pasaran.

“Ini merupakan salah satu bentuk kepedulian kami untuk membantu warga Kecamatan Kebonpedes, khususnya bagi para petani,” jelas Dadan kepada Radar Sukabumi usai melakukan serah terima jabatan ketua dan pengurus Bumdes tahun periode 2020 sampai 2025 di kantor Desa Kebonpedes, kamis (5/3).

Menurutnya, BUMDes jika dikelola secara maksimal, penuh semangat, jujur, dan profesional, maka diyakini dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa.

Untuk itu, pada kegiatan serah terima jabatan ketua dan pengurus Bumdes tahun periode 2020 sampai 2025 ini, BUMDes Amanah memiliki beberapa program kerja. Seperti, budidaya perikanan, pertanian, barang jasa, UMKM, pariwisata dan lainnya.

“Saat ini, kita juga tengah fokus melakukan penataan di kawasan agrowisata mina tani di lahan seluas sekitar 6000 meter persegi. Lahan itu, nantinya bisa menjadi wisata edukasi dan media pembelajaran mengenai bagaimana cara menerapkan mina padi dengan mengelola padi dan ikan dalam satu lahan,” ujarnya.

Camat Kebonpedes, Ali Iskandar mengatakan, banyak bidang usaha yang berpotensi untuk memajukan BUMDes. Misalnya jasa pelayanan, penjualan tiket online, meningkatkan produk-produk unggulan di desa setempat. “Jika dikelola secara maksimal, penuh semangat, jujur, dan profesional akan mampu berkembang dan meningkatkan ekonomi masyarakat desa,” katanya.

Program pengembangan desa dalam menciptakan pemerataan pembangunan tentu tidak terlepas dari peran BUMDes dalam membantu peningkatan perekonomian di desa. “Sebab itu, pemerintah Kecamatan Kebonpedes terus mendorong peningkatan pertumbuhan BUMDes di Desa Kebonpedes dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa,”tukasnya. (den/d)

loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *