BPBD Minta Warga Waspadai Cuaca Ekstrim

Seperti bencana longsor, banjir dan bencana angin puting beliung. “Untuk itu, kami menghimbau kepada seluruh warga agar mewaspadai musim hujan saat ini,” bebernya.

Dalam menghadapi musim hujan saat ini, pemerintah daerah Kabupaten Sukabumi melalui BPBD Kabupaten Sukabumi, telah membentuk tim kaji cepat penanganan bencana banjir dan longsor.

Bacaan Lainnya

“Salah satu upaya yang sudah dilakukan di pertengahan Oktober kemarin kita sudah mengirimkan perahu ke wilayah Kecamatan Tegalbuleud,” ujarnya.

Dari berbagai macam bencana alam, paparn Maman, bencana longsor dan banjir lebih berpotensi terjadi saat musim hujan. Pasalnya, pergerakan tanah akibat dorongan air hujan lebih mungkin terjadi.

“Tanah itu lebih mudah bergeser saat hujan. Ditambah lagi kondisi tanah yang memang rawan pergeseran,” imbuhnya.

Untuk itu, ia menghimbau kepada seluruh warga Kabupaten Sukabumi untuk meningkat kewaspadaan selama musim hujan berlangsung utamanya yang bermukim di daerah rawan banjir dan longsor.

“Kewaspadaan ini bagi masyarakat yang tinggal di daerah dataran rendah, khususnya di sekitar dekat bantaran sungai serta warga yang bermukim disekitar perbukitan atau ketinggian,” pungkasnya.

 

(den/d)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *