Bimtek Kades di Sukabumi Bayar Rp2 Juta, LATAS : Pembinaan Tanggungjawab Pemda

bimbingan teknis (Bimtek) kepala desa (Kades) di Sukabumi juga harus membayar uang Rp2 Juta perorang. 
bimbingan teknis (Bimtek) kepala desa (Kades) di Sukabumi juga harus membayar uang Rp2 Juta perorang. 

SUKABUMI — Tidak hanya di Bogor, ternyata bimbingan teknis (Bimtek) kepala desa (Kades) di Sukabumi juga harus membayar uang Rp2 Juta perorang.

Menaggapi hal tersebut, lembaga Analisa dan Transparansi Anggaran (LATAS) Feri Permana menilai ada dugaan korupsi di kegiatan Bimtek tersebut. Pasalnya kegiatan yang bekerjasama dengan Badan Kerjasama Antar desa (BKAD) hasilnya tidak jelas.

Bacaan Lainnya

“Ya di sukabumi infonya dianggarkan Rp2 Juta perorang, itu digelar di salah satu hotel Salabintana, informasinya dibagi menjadi tiga kelompok, yang pertama kegiatan desa baru, kedua kepala desa yang lama dan ketiga perangkat desa dengan jumlah 520 orang, “jelasnya.

Menurutnya,  kegiatan bimtek sah-sah saja dilaksanakan untuk meningkatkan kapasitas pemerintah desa, akan tetapi dengan biaya yang tidak begitu mahal apalagi kegiatan pembinaan merupakan tanggung jawab Pemda dan kecamatan dan tidak perlu mengeluarkan anggaran.

“Yang saya heran setiap tahun kegiatan peningkatan kapasitas melalui bimtak dilakukan tapi hasilnya tidak jelas. Apalagi kegiatan tersebut dilaksanakan oleh BKAD secara administratif saja saya ragu BKAD itu melakukan kegiatannya sesuai dengan aturan yang berlaku, “tegasnya.

“Dimana kita tidak pernah mendengar adanya musyawarah mengenai pembentukan BKAD itu sendiri. Padahal BKAD telah di atur di Kemendagri 96 di Bab VI pasal 11 tentang BKAD. Angka satunya mengatakan dalam rangka melaksanakan kerjasama antar desa dapat dibentuk BKAD sesuai dengan kebutuhan desa melalui musyawarah desa, “terangnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *