Bantu TMMD, Anggota Pramuka Tanam Vetiver

BERSEMANGAT: Sejumlah anggota Pramuka dari Saka Wira Kartika ranting Kecamatan Parungkuda turut andil dalam pelaksanaan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) di Kampung Kebon Panjang Desa Sundawenang Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Senin (15/3). IST

SUKABUMI– Puluhan anggota pramuka Saka Wira Kartika ranting Kecamatan Parungkuda turut andil dalam pelaksanaan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) di Kampung Kebon Panjang Desa Sundawenang Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Senin (15/3).

Dengan mengikuti arahan komando anggota Kodim 0607/ Kota Sukabumi, para pasukan Pramuka ini melakukan penaman tanaman Vetiver di sepanjang tebing. Hal itu diharapkan, agar tebing yang diperkirakan mencapai tingg 15 meter itu tidak terjadi longsor, terlebih sudah dipasang TPT (tanggul penahan tanah).

Bacaan Lainnya

Kepala Staf Kodim (Kasdim) 0607/Kota Sukabumi Mayor Chb R. Khoirul mengantakan, setidaknya sekitar 30 Anggota Saka Wira Kartika Ranting Parungkuda binaan Kodim 0607/ Kota Sukabumi beserta dan dewan ranting turut dilibatkan dalam proses TMMD Ke-110 ini.

Di mana para anggota Pramuka tersebut melaksanakan penanam rumput vetiver. “Rumput vetiver ini sebagau upaya mengikat struktur tanah agar lebih kuat sehingga tidak terjadi longsor. Kekuatanya sudah diuji dan kami sudah melakukan pembibitan disetiap Koramil dan Alhamdulillah saat ini kita bisa tanam di lokasi TMMD ke 110,” terangnya.

Akar vetiver sambung Mayor Khoirul, bisa mencapai kedalaman 6 meter pada media tanam bebas hambatan. Sebab tanaman vetiver itu memiliki akar serabut yang bisa menahan erosi pada tanah seperti tebing. “Mudah-mudahan dengan seperti itu, tidak terjadi longsoran atau erosi pada tebing,” pungkasnya. (why)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.