Angin Kencang, Pohon Suren di Parakansalak Sukabumi Timpa Rumah Warga

Petugas gabungan saat meninjau lokasi pohon tumbang
DITINJAU : Petugas gabungan saat meninjau lokasi pohon tumbang yang menimpa rumah warga di Kampung Tangkil, RT 03/RW 04, Desa Lebaksari, Kecamatan Parakansalak, pada Senin (05/12).(FOTO : UNTUK RADAR SUKABUMI)

SUKABUMI — Angin kencang kembali menyebabkan pohon suren tumbang hingga menimpa satu unit rumah warga milik Novi Liani di Kampung Tangkil, RT 03/RW 04, Desa Lebaksari, Kecamatan Parakansalak, Kabupaten Sukabumi rusak berat pada Senin (05/12).

Pusat Pengendali Operasi (Pusdalops) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi, Sandra Fitria dalam laporannya mengatakan, peristiwa tumbangnya pohon yang terjadi sekira pukul 09.15 WIB tersebut, terjadi setelah wilayah tersebut diterjang angin kencang.

Bacaan Lainnya

“Selain itu, kondisi pohon suren itu sudah lapuk termakan usia. Sehingga, saat angin kencang pohon tersebut langsung tumbang hingga menimpa rumah Ibu Novi,” kata Sandra kepada Radar Sukabumi pada Senin (05/12).

Tidak ada korban jiwa maupun korban luka-luka akibat bencana alam ini. Hanya saja, bagian atap kamar tidur pada rumah tersebut rusak. Berdasarkan asessmen petugas penanggulangan bencana kecamatan (P2BK) Kecamatan Parakansalak, kerusakan akibat pohon tumbang itu, masuk pada kategori rusak sedang.

“Rumah Ibu Novi ini diisi oleh tiga jiwa. Sementara untuk kerusakannya ada pada bagian tiang penyangga reng dan asbesnya. Kalau untuk jumlah kerugian ditaksir mencapai Rp3 juta,” paparnya.

Setelah mengetahui kejadian tersebut, BPBD Kabupaten Sukabumi langsung menginstruksikan P2BK Kecamatan Parakansalak untuk melakukan koordinasi bersama perangkat Desa Lebaksari, aparatur Kecamatan Parakansalak, Koramil dan Polsek Parakansalak, Anggota Satpol PP berikut relawan lainnya guna melakukan pendataan serta memberikan himbauan kepada masyarakat untuk tetap waspada.

“Saat kejadian, kondisi cuaca mendung atau tidak hujan. Untuk kondisi mutakhir, saat ini sedang proses evakuasi dan pemotong pohon tumbang yang menimpa rumah itu,” tandasnya.

Pos terkait