400 Peserta Beradu Tembak dalam Kejuaraan Menembak HUT ke-1 Bullet Shooting Club Sukabumi

BIDIK TARGET: Salah seorang peserta saat mengikuti kejuaraan menembak Bullet Shooting Club Sukabumi di Lapangan Menembak Grand Lapalma Selabintana, Kecamatan Sukabumi, Minggu (15/01). FOTO : DENDI/RADAR SUKABUMI

SUKABUMI, RADAR SUKABUMI – Desingan peluru menggelegar bersahutan di Lapangan Menembak Grand LaPalma Selabintana, Sukabumi. Ya, di tempat itu sedang diselenggarakan Kejuaraan Menembak dalam rangka HUT ke-1 Bullet Shooting Club Sukabumi, Minggu (15/1).

Pengurus Target Sasaran Bullet Kabupaten Sukabumi, Isman Hilman mengatakan, lomba tersebut diikuti sekira 400 peserta yang merupakan anggota klub dari wilayah Kota dan Kabupaten Sukabumi serta wilayah lainnya.

“Jadi, klub menembak di Kabupaten Sukabumi ini, merupakan ulang tahun yang perdana. Jadi kita melakukan latihan bersama dengan club menembak selain dari wilayah Kota dan Kabupaten Sukabumi, juga ada dari luar kota. Yakni ada dari Cianjur, Bogor dan Depok,” kata Isman kepada Radar Sukabumi pada Minggu (15/01).

Isman menyebutkan kejuaraan menembak ini untuk meningkatkan hubungan silaturahmi dalam rangka hari jadi pertama mereka. Selain itu juga, sebagai wahana babak kualifikasi dan pencarian bibit-bibit berprestasi pada cabag olahraga menembak.

“Kemarin kami sudah mempersiapkan lomba menembak itu pada laga porprov dan jenjang selanjutnya untuk jenjang PON dan ini untuk persiapan untuk laga PON nanti. Jadi, ini juga merupakan seleksi babak kualifikasi. Selain itu, kegiatan ini juga bisa kita sebut secara tidak langsung, bawha teman-teman club menembak dari luar kota ikut latihan disini,” ujarnya.

Iman menambahkan, kejuaraan menembak ini juga untuk mencari bibit baru pada usia yang produktif di cabang olahraga menembak. Menurutnya cabang olahraga menembak tidak dibatasi umur. Selain itu, dia meyakini jika usia yang masih produktif dan masih segar. Sehingga ada banyak potensi untuk mengembangkan diri lewat cabor menembak.

“Jadi, acara ini sebenarnya merupakan latihan bersama dan bukan event besar. Nah, untuk kegiatan sekarang itu jumlah pesertanya ada sekitar 400 orang. Karena kami buka delapan jalur dengan jumlah 25 gelombang. Jadi, pada kegiatan ini ada dua kelas. Yakni Multirange dan World Rimfire And Air Rifle Benchrest 25 HV. Jadi 2 kelas ini sudah dipertandingkan di kelas internasional. Seperti Sea Games dan PON,” paparnya.

Ketua Umum Persatuan Berburu dan Menembak Seluruh Indonesia (Perbakin) Kabupaten Sukabumi, Rusman menambahkan, bahwa mengapresiasi terselenggaranya kejuaraan menembak Bullet Shooting Club Sukabumi tersebut. “Tentunya ini sangat baik dan disambut antusias oleh kami,” ucapnya.

Rusman berharap, dengan terselenggaranya kejuaraan menembak Bullet Shooting Club Sukabumi tersebut, kedepannya organisasi Perbanki di Kabupaten Sukabumi dapat terus meningkatkan di bidang prestasinya. Karena, banyak cara yang perlu dibentuk. Walaupun Perbakin Kabupaten Sukabumi baru genap satu tahun. Namun tidak menutup kemungkinan, Perbankin Kabupaten Sukabumi berhasil terlibat dalam mensukseskan Porprov Jabar.

“Pada laga Porprov Jabar, Perbankin Kabupaten Sukabumi menemukan kesalahan teknis dalam materi untuk prestasi. Perbankin Kabupaten Sukabumi hanya mendapatkan 7 besar. Artinya, kita belum mendapatkan piala apapun, baik itu piala emas, perak maupun perunggu. Tetapi memang prestasi itu kami nilai yang kedua. Jadi, yang kami tonjolkan pada Perbankin ini mampu maju di usia masih muda. Artinya, belum genap 1 tahun, kita sudah ikut terlibat pada laga Porprov Jabar,” pungkasnya. (Den)

Pos terkait