Sulap Pangandaran Jadi KEK

  • Whatsapp

PANGANDARAN— Pemerintah Provinsi Jawa Barat berencana menjadikan kawasan Pangandaran Raya sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). Target KEK direncanakan akan diimplementasikan pada Maret 2019 mendatang.

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya, sudah menargetkan Maret 2019 Pangandaran sudah masuk KEK. Karena wilayah tersebut memiliki potensi pariwisata yang cukup tinggi dengan memiliki sekitar 90 destinasi. “Saya ingin Maret 2019 KEK Pangandaran Raya harus sudah jadi,” kata Arief di Kabupaten Pangandaran, Rabu (28/11).

Bacaan Lainnya

Menurutnya, satu kawasan atau wilayah untuk bisa menunjang KEK ada tiga hal yang diperlukan. Diantaranya aksesibilitas seperti infrastruktur jalan dan bandara, fasilitas yang meliputi hotel dan destinasi wisata kelas dunia, serta kelayakan anggaran, sumber daya manusia, dan kebijakan.

Sedangkan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, pihaknya akan meningkatkan pariwisata di wilayah Jawa Barat. Maka selaku pemimpin Ridwan Kamil akan menciptakan tiga tipe destinasi. “Tipe satu memperbaiki akses destinasi, dua membuat destinasi baru, ketiga menyiapkan khusus pariwisata KEK,” ujarnya.

Kang Emil sapaanya, akan menjadikan Jawa Barat sebagai provinsi pariwisata di Indonesia. Hal ini bisa terwujud melalui komitmen dan kemauan. “Saya sudah memutuskan bahwa Jawa Barat akan jadi provinsi pariwisata karena ada potensinya,” tambah Emil.

Pihaknya akan menggelontorkan anggaran Rp 40-80 miliar untuk setiap kabupaten/kota agar bisa membuat satu destinasi wisata baru. “Khusus Pangandaran kami naikkan dua kali lipat hingga mencapai Rp 80 Miliar,” ujarnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *