PTM Terbatas Karawang Mulai 14 September

  • Whatsapp
SMP Al Munawar Purwasari
SIMULASI: Meski tidak setiap hari, Selasa (7/9) sejumlah anak-anak SMP Al Munawar Purwasari datang ke sekolah mengikuti sejumlah kegiatan.

KARAWANG  – Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) akhirnya memberikan kejelasan terkait pembelaran tatap muka (PTM). Rencananya, PTM terbatas akan diluncurkan mulai 14 September 2021 mendatang.

Kegiatan belajar mengajar (KBM) melalui sistem daring sudah hampir dua tahun dilaksanakan sejak pandemi Covid-19 mewabah. Setelah ditetapkan sebagai kabupaten dengan PPKM level 2, para orang tua menginginkan agar proses KBM di Karawang bisa digelar secara tatap bersama guru di sekolah.

Bacaan Lainnya

Keinginan untuk digelarnya pembelajaran tatap muka (PTM) di sekolah ini salah satunya disampaikan Entih (36).

Seorang ibu yang memiliki dua orang anak yang masih duduk di bangku sekolah dasar ini sangat berharap PTM bisa segera dilaksanakan di Karawang. Karena dengan sistem daring yang sudah hampir dua tahun ini, anak-anak menjadi lebih banyak bermain ketimbang belajar.

“Kapan sih mau PTM? Anak-anak jadi kebanyakan main HP, jarang belajar. Sudah level 2 ini sekarang PTM aja,” ujarnya, kepada Radar Karawang, Selasa (7/9).

Kepala SDN Tanjungpura 1 Encum juga mengatakan, selama ini proses KBM masih dilakukan secara luring dan daring. Sehingga para orang tua selalu menanyakan kapan PTM akan digelar.

Meski banyak pertanyaan dari orang tua, ia mengaku tidak berani untuk melaksanakan PTM jika belum mendapatkan SK dari dinas yang berwenang. “Mudah-mudahan secepatnya ada SK PTM,” ujarnya.

Kepala SMPN 1 Cikampek Toib juga mengaku bahwa pihaknya masih menunggu instruksi dari dinas terkait untuk menggelar PTM di sekolah. Pihak sekolah, kata dia, sudah siap untuk melaksanakan PTM jika sudah ada perintah dari dinas. Selain karena fasilitas dan sarana prasarana sebagai penerapan protokol kesehatan sudah tersedia, sebagian siswa di sekolahnya juga sudah divaksin.

Tetapi karena belum ada perintah, maka KBM masih terus dilakukan secara daring dengan menyiapkan ruangan tertentu untuk para guru memberikan materi melalui zoom meeting. “Dari 1.300 siswa, sudah divaksin 600 siswa,” ucapnya.

Saat dikonfirmasi, Kepala Disdikpora Karawang Asep Junaedi mengatakan, karena Karawang sudah termasuk kabupaten yang ditetapkan PPKM level 2, PTM terbatas di Karawang akan segera dilaksanakan. Tetapi, PTM terbatas ini hanya diberlakukan di wilayah yang zona hijau sesuai hasil evaluasi dari satgas di tingkat kecamatan. “Insya Allah 14 September launching PTM terbatas,” jelasnya. (nce)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *