Kisah Hari Darmawan, Bos Matahari Sebelum Meninggal

Pelaku bisnis ritel di Indonesia mengenal Hari Darmawan sebagai sosok yang tak kenal lelah memotivasi dan memberikan support untuk rekan-rekannya. Hari Darmawan disebut-sebut sebagai peletak fondasi bisnis ritel di Indonesia. Kalangan pengusaha ritel pun tak ragu menjulukinya sebagai Bapak Ritel Indonesia.

Hari Darmawan memulai bisnis di usia yang sangat muda. Pria kelahiran Makassar, 27 Mei 1940, tersebut mengawali perjalanannya sebagai pengusaha ritel dari sebuah toko kecil di Pasar Baru Jakarta pada Oktober 1958. Toko kecil tersebut merupakan toserba (toko serba-ada) milik sang mertua yang lantas dipercayakan kepada Hari Darmawan untuk dikelola. Saat itu usianya masih 19 tahun.

Bacaan Lainnya

Di bawah pengelolaannya, toko kecil tersebut berkembang pesat. Sekitar sepuluh tahun kemudian Hari membeli toserba terbesar, yang juga pesaing terberatnya, di Pasar Baru yang waktu itu bernama De Zon. Dalam bahasa Belanda, artinya matahari. Hari Darmawan pun mengganti nama toko itu menjadi “Matahari”.

Dari situlah awal sang Matahari “terbit”, hingga menjadi salah satu jaringan ritel terbesar di tanah air. Gerai pertama Matahari Department Store menempati gedung dua lantai seluas 150 meter persegi di Pasar Baru Jakarta. Pada 1980-an Hari mulai melebarkan cabang-cabang Matahari Department Store di hampir semua kota besar di Indonesia.

Pada awal 2000 Hari melepas sahamnya di Matahari Department Store dan membangun bisnis yang bertema social entrepreneur. Pada 2007 pebisnis yang dikenal dengan rambut peraknya itu memilih fokus ke bidang sosial dan membangun tempat wisata dengan nama Taman Wisata Matahari yang mampu menggerakkan roda perekonomian masyarakat sekitar.

Hingga kini Matahari Departement Store telah memiliki sekitar 155 gerai di 60 kota di Indonesia. Saat ini Matahari Departement Store dimiliki Lippo Group. Sepanjang 2017 perusahaan yang mulai melantai di Bursa Efek Indonesia pada 1992 dengan kode emiten LPPF itu mencatatkan pendapatan bersih Rp 10 triliun.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *