JAWA BARAT

Hanya Buat Kamu, Inilah Jalur Alternatif yang Aman ke Puncak

RADARSUKABUMI.com – Banyak jalan menuju Puncak Cisarua. Tak hanya melintasi jalur Bopuncur (Bogor-Puncak-Cianjur).

Mereka yang ingin ke Puncak juga bisa melintasi jalur-jalur tikus atau jalur alternatif. Bagi kendaraan roda empat, sedikitnya ada empat jalur alternatif menuju Puncak.

Pertama bisa melintas Simpang Bendungan Ciawi. Sejak Minggu (31/5/2020) jalur ini menjadi alternatif bagi para wisatwaan bandel yang ingin tetap ke kawasan Puncak.

Untuk rutenya terbagi dua. Saat melintasi pertigaan Kecamatan Megamendung, jika ambil kiri akan tembus di Vimala Hills. Sedangkan ke kanan bisa tembus ke arah Cisarua. Tepatnya pertigaan rest area depan Kecamatan Cisarua.

Kemudian jalur kedua bisa melintas jalur Gunung Geulis, tembus di pertigaan Selarong. Sedangkan jalur ketiga bisa lewat Bocimi dengan muara sama yakni pertigaan rest area depan kantor Kecamatan Cisarua.

Keempat, bisa melintasi jalan pertanian. Dengan muara terbagi tiga, tembus di TSI, pertigaan rest area Cisarua juga pertigaan Vimala Hills.

Untuk sepeda motor, jalur tikus lebih banyak. Tak hanya empat jalan alternatif utama tersebut. Mereka bisa melintasi gang-gang kecil yang bermuara di jalur utama Bopuncur.

Maka tak heran, jika jumlah kendaraan sepeda motor yang masuk Puncak mencapai puluhan ribu.

Nanda Permana (21) salah satunya, ia bersama rombongan komunitasnya keluar masuk jalur utama Puncak.

“Diputer di Gadog, kita lewat Ciawi kemarin. Yang susah itu saat naik. Kalau turun ini lancar pakai jalur utama,” ujar wisatawan asal Depok itu.

Iapun mengaku di jalur alternatif minim penjagaan. Bahkan banyak pak ogah yang mengarahkan melintasi lewat jalur alternatif. “Jadi, bukan dilarang, malah banyak pak ogah yang nyuruh lewat alternatif,” tukasnya. (all/izo/rs)

Tags
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button