Dukung Program Literasi, Maskara Jawa Barat Jemput Bola

Mobil Maskara milik Pemerintah Desa Gelaranyar, Pagelaran, Cianjur
LITERASI: Mobil Maskara milik Pemerintah Desa Gelaranyar, Pagelaran, Cianjur sedang melayani program literasi membaca untuk anak-anak di Kedusunan Neglasari.

CIANJUR — Untuk Mendukung program literasi Pemerintah Provinsi Jawa Barat berupaya untuk mewujudkan masyarakat desa mandiri dan berswadaya. Salah satu bentuk perhatian pemerintah provinsi adalah dengan memberikan bantuan berupa Mobil Aspirasi Kampung Juara (Maskara) yang konsepnya multifungsi untuk memenuhi kebutuhan primer warga desa. Seperti, angkutan warga desa, mengantar jenazah, mobil hiburan, angkutan pertanian, perpustakaan berjalan serta panggung hajatan.

Salah satu yang menerima bantuan Mobil Maskara di Kabupaten Cianjur adalah Desa Gelaranyar, Kecamatan Pagelaran pada tahun 2020 lalu. Sejak diterima hingga sekarang, mobil tersebut digunakan untuk beragam kegiatan.

Diantaranya yang paling menonjol adalah mendukung program literasi membaca bagi anak-anak usia sekolah. Disamping fungsi yang lain yakni alat bantu pengangkut hasil pertanian warga, pengajian, panggung hiburan hingga sosialisasi protokol kesehatan selama pandemi Covid-19.

Kepala Desa Gelaranyar, Jenal, mengatakan, pihaknya menerima bantuan Mobil Maskara pada September 2020 dan sangat bermanfaat bagi masyarakat. Khusus berkaitan dengan program literasi membaca bagi anak-anak usia sekolah.

“Tidak setiap hari, kalau untuk literasi kita dua minggu sekali keliling setiap kedusunan. Ada empat kedusunan,” ucapnya.

Menurutnya, kehadiran Mobil Maskara untuk mendukung program literasi sangat disambut para orangtua dan anak-anak. Tujuannya tidak lain untuk bisa meningkatkan kualitas minat baca anak-anak yang hari ini disibukkan dengan gadget.

“Alhamdulillah (orangtua, red) antusias dan sengaja membawa anak-anak mereka ke tempat yang telah disediakan, seperti di PAUD. Karena sudah ada jadwalnya, ketika tim literasi datang menggunakan mobil Maskara, anak anak sudah ada di lokasi,” jelas Jenal yang menambahkan bahwa kegiatan literasi membaca dilakukan di Kedusunan Sukamulya, Ciseureuh, Neglasari dan Cipeuteuy.

Jenal berharap, guna menunjang program literasi sangat membutuhkan tambahan buku bacaan. Seperti buku ilmu pengetahuan dan buku cerita yang bergambar.

Hal senada diutarakan, Tim Literasi Membaca Desa Gelaranyar, Dini Kamelia Homsah. Menurutnya, keberadaan mobil Maskara sangat membantu program literasi untuk mengundang minat baca bagi anak-anak.

“Sangat terbantu dengan adanya mobil Maskara, manfaatnya banyak sekali bukan hanya literasi membaca, tetapi ketika lembaga PAUD mengadakan acara bisa dipergunakan,” katanya.

Pos terkait