Tebing Puluhan Meter di Batulawang Ambrol, Dua Kampung Terisolir

  • Whatsapp
Tebing ambrol
Tebing ambrol di Kampung Ciloke, RT 01/RW 02 Desa Batulawang, Kecamatan Cipanas. Foto: Istimewa

CIANJUR – Imbas hujan deras yang terjadi beberapa waktu terakhir di wilayah Desa Batulawang, Kecamatan Cipanas mengakibatkan tebing setinggi puluhan meter di Kampung Ciloke, RT 01/RW 02, ambrol pada Jumat (15/10/2021).

Bahkan menurut Kepala Desa Batulawang, H. Nanang Rohendi saat dihubungi Minggu (17/10/2021) siang, hingga saat ini, jalur alternatif yang menghubungkan RW 02 dan RW 13 Kampung Cikole itu masih belum bisa dilalui warga apalagi kendaraan.

Bacaan Lainnya

“Sebetulnya jalur itu merupakan jalan alternatif warga, khususnya para petani yang ada di wilayah tersebut. Karena keberadaan tebing pun, memang ada di lahan pribadi orang Jakarta yang merupakan tanah pertanian,” ungkapnya, Minggu (17/10).

Lebih lanjut ia menyebut, tebing yang ambrol itu tingginya sekitar 20 meter, dengan lebar 25 meter, tak sampai 100 meter. “Kalau tingginya tak nyampe 100 meter kang. Paling puluhan meter, dengan lebar sekitar 25 meter. Hingga kini, jalur itu masih belum bisa dilalui,” tegasnya.

Pasca kejadian pun, kata Nanang, pihak pemerintah masih akan berupaya mengkomunikasikan adanya bencana tersebut kepada sang pemilik lahan. Karena posisinya bukan milik pemerintah. Makanya akan dilakukan pengkajian.

“Sebetulnya lahan di situ dari dulu pun merupakan pusat saluran air yang setiap turun hujan airnya selalu lewat situ, jadi pantas kalau tebingnya sekarang ambrol. Makanya kami akan komunikasikan dengan si pemilik, supaya dapat solusi terbaik buat masyarakat,” tuturnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *