CIANJUR

Pilkada Cianjur, PDIP Usung Herman-Tb Mulyana

CIANJUR – Plt Bupati Cianjur, Herman Suherman secara resmi diusung PDI Perjuangan untuk menjadi calon bupati dalam gelaran Pilkada Cianjur 2020. Herman bersanding dengan Ketua DPD Partai Golkar Cianjur, TB Mulyana Syahrudin sebagai wakil bupati.

Pengusungan itu menggelegar setelah pengumuman rekomendasi tersebut dibacakan Ketua DPP PDIP Bambang Wuryanto, di kantor DPP PDIP, Jalan Diponegoro No 58, Menteng, Jakarta Pusat, kemarin siang.

Letupan-letupan kecil yang menyatakan Herman akan bersanding dengan TB Mulyana sebenarnya sudah mulai santer pada akhir Januari 2019. Entah sekedar guyon atau serius, kala itu Ketua Fraksi Golkar DPRD Cianjur, Asep Iwan Gusniardi mengatakan ingin memasangkan TB Mulyana dengan Herman.

Namun, kalimat itu dinilai hanya menjadi angin lalu karena bersifat belum bulat. Beringin Rindang masih kekeuh dengan sikapnya untuk mengusung F1 melalui kader mumpuninya. Padahal di lain sisi, Herman sudah terlanjur menjadi kader PDI Perjuangan.

Sinyal itu semakin menguat di bulan kedua tahun 2020. Sehari sebelum pelaksanaan rapat pleno pengusungan nama calon bupati dan calon wakil bupati dari Partai Golkar, Tb terlihat menyambangi Herman yang tengah berada di Sukaresmi. Pada 3 Februari itu,
Tb Mulyana terlihat berbincang akrab dengan Herman di acara Cianjur Ngawangun Lembur jelang tengah malam.

Sehari setelahnya, pada 4 Februari 2020,
Ade Barkah pernah melontarkan kesediaannya untuk maju dalam pertarungan Pilkada 2020. “Sandainya Golkar Cianjur tidak diajak bicara partai lain, maka Insya Allah saya akan maju,” ujarnya saat Pleno Golkar Cianjur yang akhirnya menghasilkan lima nama.

Yang pertama ada nama Ade Barkah Surahman (Sekretaris DPD Partai Golkar Jawa Barat); Tb Mulyana Syahrudin (Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Cianjur); Ishfan Taufik Munggaran (Ketua BM Kosgoro Jawa Barat); Deden Nasihin (Wakil Ketua DPRD Kabupaten Cianjur) dan Herman Suherman (Plt Bupati Cianjur).

Esok harinya, Rabu 5 Februari 2020, pertemuan antara Ketua PDIP Cianjur Susilawati, Jimmi Perkasa (PPP), dan TB Mulyana terjadi di salah satu rumah khas Sunda di wilayah Cugenang. Hal itu secara tidak langsung menunjukkan Golkar sudah diajak bicara partai lain soal koalisi, dan menyimpulkan bahwa Ade Barkah tidak akan maju.

Terlihat tenang dan tak ada pergerakan dari Tb dan Herman. Mendadak, pada 10 Februari 2020, secara masif muncul ratusan banner pasangan Herman-TB Mulyana dari Relawan BHS-M di sejumlah titik vital di Kabupaten Cianjur.

Dua hari setelahnya, Herman kembali terlihat mesra dengan PDI Perjuangan. Pada 12 Februari 2020,
Herman menyambangi kantor DPP PDIP di Jakarta bersama Susilawati. kala itu, Susi menyatakan bahwa untuk rekomendasi resmi tinggal selangkah lagi.

Yang tak banyak orang lain tahu, pada 15 Februari, secara mengejutkan Herman terlihat bersama TB Mulyana hadir di kantor DPD PDIP Jawa Barat. Desas desus saat itu, mereka akan mengikuti fit n proper test. Atau mungkin saja ada lobi-lobi final pasangan yang akan disodorkan PDI Perjuangan.

18 Februari,
DPP PDIP mengeluarkan surat undangan bernomor 1196/IN/DPP/II/2020 untuk DPD, Calon Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah untuk datang ke DPP, dalam acara penyampaian Tahap 1 calon kepala daerah dan wakil kepala daerah yang direkomendasikan PDI Perjuangan pada Pilkada Serentak 2020. Dalam lampiran tertulis Kabupaten Cianjur ada nama Herman Suherman sebagai calon Bupati dan TB Mulyana sebagai calon Wakil Bupati.

Jelang sepekan setelah datang ke Jakarta, Herman kembali datang ke markas Partai Moncong Putih di Menteng. Namun, kemarin,
Herman datang didampingi TB Mulyana dan resmi diumumkan sebagai calon bupati dan wakil bupati yang diusung PDIP di Pilkada Cianjur 2020.

Herman-Tb Mulyana menjadi salah satu dari 50 pasang calon kepala daerah dan wakil kepala daerah yang diusung PDI Perjuangan pada Pilkada serentak 2020.

Sebelum acara dimulai, baik Herman maupun Tb Mulyana sudah terlihat bersama-sama hadir di DPP PDI Perjuangan. Herman mengenakan baju berwarna merah, sementara Tb Mulyana mengenakan baju berwarna putih.

Herman mengaku senang dan bersyukur atas pengusungan dirinya oleh PDI Perjuangan.

Ia pun memohon doa restu kepada semua masyarakat Cianjur terkait ikhtiarnya untuk kembali mengabdi kepada masyarakat Cianjur. “Alhamdulillah hari ini (kemarin, red) saya sudah resmi diusung oleh PDIP sebagai calon bupati bersama Pak Tb Mulyana sebagai calon wakil bupati Cianjur,” ujar Herman.

Senada dengan Herman, Tb Mulyana juga mengaku senang dan bersyukur atas pengusungan dirinya sebagai calon wakil bupati Cianjur mendampingi Herman Suherman. Tb Mulyana mengatakan akan segera merampungkan proses penjaringan di partai Golkar untuk mengusung pasangan Herman-Tb Mulyana.

“Alhamdulillah di Golkar juga tinggal sebentar lagi. Ya gak jauh-jauhlah dan sudah jelas juga,” kata Tb Mulyana.

TB menjelas perihal dirinya yang disandingkan dengan Herman seperti bertemu dengan sahabat lama. “Orangtua kami dulu berteman, saya dengan Pak Herman juga berteman sudah lama bahkan menjadi sahabat, sekarang disandingkan seperti bertemu dengan sahabat lama,” kata TB.

TB menghormati tahapan yang dilakukan PDI Perjuangan dan ia pun menghadiri undangan baik ke provinsi maupun ke pusat. “Di internal Golkar sendiri masih dalam proses, jadi sambil menunggu proses,” tuturnya.

Ia mengatakan, untuk pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Cianjur, Golkar sendiri butuh koalisi. Namanya yang saat ini disandingkan dengan Herman yang diusung PDI Perjuangan seperti membuka keran koalisi. “Iya betul, Golkar butuh koalisi, tentu kami sambut baik apa yang terjadi hari ini (kemarin, red). Mohon doanya untuk warga Cianjur semua agar dilancarkan semuanya,” kata TB.

Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Cianjur, Susilawati menambahkan, nama petahana muncul karena PDI Perjuangan mengedepankan kader internal. Menurutnya, Herman saat ini duduk di jabatan Dewan Pertimbangan Cabang DPC Kabupaten Cianjur. “Sedangkan Pak Tb karena Golkar itu berkoalisi,” paparnya kepada Radar Cianjur.

Lebih lanjut Susi menjelaskan, setelah tahapan rekomendasi kemarin, selanjutnya langkah yang akan dilakukan DPC PDI Perjuangan Kabupaten Cianjur yaitu deklarasi. “Secepatnya ya (deklarasi). Sekaligus nanti pemantapan tim pemenangan,” ungkapnya, kemarin. (yaz/dil)

Tags
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button