CIANJUR

Angka Kecelakaan di Cianjur Didominasi Usia Produktif

RADARSUKABUMI.com, CIANJUR– Satlantas Polres Cianjur, mencatat korban kecelakaan lalu lintas di Cianjur didominasi usia produktif akibat kesalahan manusia, kondisi jalan, dan minimnya lampu penerangan jalan umum (PJU).

Kasatlantas Polres Cianjur, AKP Adhimas Sriyono Putra kepada wartawan, Rabu, mengatakan angka kecelakaan lalu lintas sepanjang 2018, menurun dibandingkan 2017, namun angka kecelakaan usia produktif meningkat.

“Usia produktif banyak menjadi korban kecelakaan lalu lintas sepanjang 2018. Sehingga kami memperbanyak sosialisasi ke sekolah agar pelajar yang belum memiliki SIM atau yang sudah meningkatkan kewaspadaan dan patuh aturan,” katanya, Rabu (5/9/2018).

Dia menjelaskan, saat ini kecelakaan lalu lintas lebih banyak diakibatkan kesalahan manusia dan faktor jalan hingga penerangan umum saat malam yang minim, sehingga pihaknya berkoordinasi dengan pihak terkait untuk menambah PJU.

“Ruas jalan yang rawan kecelakaan lalu lintas di Cianjur seperti Jalan Raya Cianjur-Puncak-Ciloto, Jalan Raya Cianjur-Sukabumi-Gekbrong dan Jalan Raya Cikalongkulon-Jonggol, yang masuk dalam zona hitam” katanya.

Kontur jalan menurun dan menanjak tajam, menurut dia, membuat pengendara terlena saat mengenderai. Bahkan ketika malam di sejumlah zona tersebut minim penerangan. “Satlantas Polres Cianjur terus mendorong pemerintah, untuk menambah dan memperbaiki sarana dan prasarana pendukung di jalan raya agar dapat meminimalisir terjadinya kecelakaan dan kejahatan,” katanya.

Loading...

Ia mengemukakan, meskipun tidak termasuk dalam zona hitam rawan kecelakaan, sejumlah ruas jalan di Cianjur utara dan selatan tetap menjadi perhatian pihaknya, meskipun tidak serawan tiga zona diperbatasan antar kota/kabupaten.

“Kami selalu mengimbau pengendara untuk tetap waspada dan mematuhi peraturan lalu lintas serta memastikan kendaraan dalam kondisi layak jalan sebelum bepergian,” pungkasnya.

(net)

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button