78 Desa di Cianjur Menerima Program Penyedian Air dan Sanitasi

  • Whatsapp
Kegiatan Sosialisasi Program Pamsimas
Kegiatan Sosialisasi Program Pamsimas.

CIANJUR – 78 Desa di Kabupaten Cianjur mendapatkan program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas), Rabu 22/09/2021.

Pemberian program tersebut diselenggarakan Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan bekerjasama dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Cianjur dengan mengundang kepala desa serta perwakilan kecamatan seluruh Kabupaten Cianjur yang bertempat di hotel Bydiel, Jl Panembong, Kecamatan Cianjur.

Bacaan Lainnya

Misroh Yuliono, Fasilitator senior program Pamsimas mengatakan, program tersebut telah ada sejak tahun 2017 hingga kini masih terus berjalan .

“Pamsimas di Cianjur secara garis besar di mulai 2017 hingga kini. Total desa sudah di fasilitasi sebnayak 78 desa,”katanya.

Beberapa Desa yang diberikan Program Pamsimas yakni Desa yang menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) dan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD).

“Terdiri dari desa APBN dan APBD, terkait dengan jumlah pemanfaat di kabupaten Cianjur dari 78 desa sekitar 65 ribu jiwa,”ungkapnya.

Misroh menuturkan, peran fasilitator dibutuhkan agar program Pamsimas tersalurkan dengan baik.

“Peran serta dari fasilitator yakni kami memfasilitasi pendampingan kegiatan mulai dari tahapan- tahapan kegiatan mulai dari perencanaan hingga serah terima jabatan,”ujarnya.

Saat ini menurutnya, anggaran total yang dikeluarkan untuk program Pamsimas yakni sebesar 27 milyar lebih

“Jadi total per desa yang menerima per RAB nya sebesar 350 juta,” paparnya.

Pada program Kamsimas fokus kepada Daerah-daerah atau desa yang memiliki kesulitan air bersih terutama pada saat musim kemarau.

“Sehingga dengan program kamsimas masalah-masalah tersebut bisa teratasi dan terjawab,”pungkasnya. (byu)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *